KompetisiDalam Kebaikan(fastabiqal­khairat)secarasecaraetimologi berarti berlomba-lombadalam kebaikan. Saran ini tertuju baik bagi laki-lakimaupun perempuan. Manusia diperintahkan untuk berlomba di dalam berbuatkebajikan, baik kepada manusia atau alam sekitarnya. Misalnyadengan menolongsesama, menyingkirkan sesuatuyangmembahayakandi jalan,mengikuti olimpiade mata pelajarantertentudan sebagainya. Dalam Islam, istilah fastabiq al­khairat merujuk di atas firman Allah SWT QS. Al Baqarah: 148 dan QS. Al­Hadid: 21
*

Dari sisi etimologi optimisberasal daribahasa latin optima yangberarti terbaik.Menurut Kamus Besar debat Indonesiaoptimis adalah orang yang selalu berpengharapan dalammenghadapi segala hal. Optimis merupakan perasaan yakin terhadap sesuatu yang baik apa kelak akan terjadi apa memberi harapan positif serta dulu pendorong untukberusaha ke arah kemajuan atau kejayaan. Optimis merupakan keyakinan diri dan salahsatu sifat baik yang dianjurkan batin Islam. Misalnya siswa/siswi apa mengikutiseleksi menerima mahasiswabaru pastiaia berharapakan lulusdan recognized di perguruan tinggi apa ia pilih.

Anda sedang menonton: Akhlak tercela disebut juga akhlak


Dengan sikap optimis seseorang become bersemangat di dalam menjalani kehidupan,baik demi kehidupan dunia maupun dalam menghadapi kehidupan akhirat. Allah berfirman:
“Janganlahkamu bersikap lemah,dan bukan (pula)kamu bersedihhati, Padahal kamulah orang­orangyangpaling ditinggikan (derajatnya),jika kamu orang­orangyangberiman”.( QS. Ali Imran(3): 139)
*

*

Kata inovatif berasal dari bahasa Inggis innovate yang artinya memperkenalkan sesuatu apa baru.Sedangkan innovatif berartibersifat memperbarui.Dengan demikian kata inovatif berartibersifat memperkenalkansesuatu apa baru. Pengertian barudi sini adalah sesuatuyangbelum dapat saya mengakui secara luasoleh seluruh burger masyarakat menyangkutsikap (attitude) danbelum recognized dan diterapkan malalui seluruh roti isi daging masyarakat setempat.
Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, danatauperekayasaan apa bertujuan menguat penerapanpraktis nilaidan context ilmupengetahuan yang baru atau cara baru karena menerapkan ilmu pengetahuandan teknologi.
Inovatifdapat berarti jugatemuan baru yang menyebabkan berdayagunanyaproduk ataujasa kearah yang lebihproduktif danmempunyainilai manfaatnya bagimasyarakat. Misalnyadalam world perbankan aplikasi banksyariah di Indonesia baru dikembangkan pada dekade awal lima 1990-an seperti inovasi dari digunakan bankkonvensional.Bank syariahlebih mengembangkan ajaran muamalahdalam tradisi syariah Islam yakni adanya akad bagi hasil batin pengelolaanhasil pada satu sisi dansama-sama menanggung resikokerugianpada sisi apa lain.Sedangkan bank tradisional lebihberorientasi profitsehingga rentan denganmasalah suku bunga atau riba.
aktivitasnya berfikir yang teratur dan sistematis membuat pengetahuan yang sangatdibutuhkan di dalam kehidupan. Berbagai macamproblem, mendorongkita buat berfikir lebih mendalam dansistematisdenganmengunakan metodeilmiah tertentu buat memecahkanya. Seorangyangbersikap inovatif akanmengerahkan segala pilihan nalarnya untukmenemukan beberapa hal baru yang lebih baik dan bermanfaat dari temuan-temuan apa telah ada.
*

Kreatif berasal daribahasa inggris to create yang berartimenciptakan sesuatu ataumembuat. Creativity berarti daya cipta.Sedangkan dalam bahasaArab kata kreativitasatau menciptakanbiasanya mengunakan kata khalaqa (menjadikan,membuat, menciptakan), yaknimenciptakan sesuatu tidak punya ada pangkal atau origin dan contoh terlebihdahulu atau dapat berarti kemampuan untukmencipta atau mempunyai sifat menciptakan noël dengan cara meniru.
Dalam kamusbesar bahasa Indonesia kreatifberarti memiliki daya cipta ataumemiliki kemampuan karena menciptakan. Kreatif adalah menemukan, menggabungkan,membangun, mengarang, mendesain, merancang, alter ataupun menambah.
Oleh buat itu kreatifsering digambarkan mencapai kemampuanberfikir dikkritik danbanyakideserta gagasan. Orangkreatif adalahorang yang melihatsesuatu yang sama, tetapi dengancarapandang yang berbeda. Selainitu orangkreatif adalahorang apa memiliki kemampuan menggabungkan sesuatu yang belumpernah tergabungsebelumnya.Kreatif jugabisa berartikemampuanmenemukan atau mendapatkan ide dan pemecahan melecehkan baru.
Dalam aspek Islam kreatif dapat diartikan seperti kesadarankeimananseseorang, untuk menggunakankeseluruhandaya dankemampuandiri apa dimilikisebagai wujud syukur become nikmatAllah guna menjadikan ataumenghasilkan sesuatu yang terbaikdan bermanfat bagikehidupansebagaiwujud pengabdian yangtulus kehadirat Allah.
Allah Dzat yang Mahakreatif, hasilkarya-Nya merupakankarya apa sangat besar, indah,dan sempurna.Semua intisari memanfaatkankarya Allahtersebut. Allah Penciptajagatrayadan segalaisinya memberikankekagumandahsyatbagi seluruhmakhlukNya. Keserasian yang kita lihat pada setiap makhluk, keterpautan organ-organ sikap satu kemiripan lainnya, keterpautan warna dengan organ-organ tersebut, keterpautanlangit dan jagat raya, bumi dan isinya tersebut menjadikan AllahSwt sebagai Dzat apa Maha Sempurna.
Manusia selalu menghadapiberbagaipersoalan dan peristiwa dalamkehidupannya.Semua persoalan apa yang tidakdiketahui jawabannyadianggap such masalah. Biasanyaseseorang akanberusaha untuk mempelajari problemyangdihadapinya dari berbagai aspek agar dapat memahaminya menjangkau baik. Nanti itu iamenghimpun berbagai datadan informasi apa berkaitandengannya. Penghimpunandata daninformasiyangrelevandenganproblem yang adamembantunya memperjelas, dipahami dan cakupan problemitu mencapai telitidan mengantarkannya menyusun berbagai hipotesa seperti langkah pemecahan.
Adanyaetoskerjayangkuatmemerlukankesadaranpada orangbersangkutan tentangkaitanbekerja dengan pandangan hidupnyayanglebih menyeluruh. Etos kerja batin Islam adalahhasilsuatu kepercayaan seorang Muslim bahwa bekerja mempunyai kaitan dengan tujuan hidupnya, yaitu dapatkan ridha dari Allah SWT. Berkaitandengan inipenting buat ditegaskanbahwa padadasarnya,Islam adalah religius amal ataukah kerja. Berlipat ajarannya ialah bahwa hamba Alalh menjadi mendekati dan berusaha memperoleh ridha Allahmelalui bekerja ataukah amalshalih serta menjangkau memurnikan sikap penyembahan hanya kepada-Nya.

Lihat lainnya: Tips Cara Membuat Miniatur Pohon Dan Rumput), Cara Membuat Miniatur Pohon Dari Barang Bekas


Hikmah membiasakan berperilakukreatif dalamkehidupansehari-hari akanmenjadikanSetiap memiliki dapatmencipta, termasukmenciptakan realistis barudalam kehidupan sehingga dalamsituasi apapun dan dengansegala keterbatasanakan memiliki potensi untukmenciptakan berbagaihal, termasuk keberhasilandan kebahagiaandalam hidup ini.
on facebook Twitter Google+ Pinterest Linkedin> http://esuba.net/2018/06/bab-vi-akhlak-terpuji.html" rel="nofollow" target="_blank"> Whatsapp