Latihan kekuatan umumnya dilakukan buat meningkatkan kekuatan dan dalam jumlah besar otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, silam memulai latihan kekuatan, their dianjurkan buat mempelajari lebih dahulu jenis dan teknik sebuah latihan kekuatan apa cocok untuk melatih bagian otot riak Anda.

Anda sedang menonton: Apa tujuan melakukan latihan otot

Untuk menurunnya risiko rusak dan memaksimalkan manfaat latihan kekuatan, their disarankan untuk melakukan latihan kekuatan secara bertahap sebanyak 2 kali per minggu, tetapi jangan batin waktu 2 days berturut-turut.

*

Anda bisa mengatur jadwal latihan, misalnya pada hari Senin dan Kamis ataukah Selasa dan Jumat, sesuai ketersediaan waku Anda.

Latihan kekuatan dapat dilakukan di markas besar kebugaran (gym) atau di rumah mencapai peralatan yang sederhana. Praktek ini juga sering kali dilakukan such bagian dari program olah crossfit. hanya saja perlu dari mereka ingat, sebelum melakukan latihan kekuatan, anda harus terlebih dahulu melakukan pemanasan berupa cara cepat atau stretching selama 5–10 menit.

Manfaat apa Diperoleh dari latihan Kekuatan

Tidak just meningkatkan kekuatan dan daya tangkap otot, olah kekuatan juga dapat memberikan beberapa manfaatnya berikut ini:

Memperlancar peredaran darahMeningkatkan garis dan membudaya fungsi organ tubuhMeningkatkan kepadatan dan kekuatan tulangMenjaga fleksibilitas dan setara tubuhMemperbaiki postur tubuhMeningkatkan kualitas tidur dan menghindari insomniaMenjaga memuat badan ideal

Namun, dari mereka perlu ingat, manfaatnya tersebut tidak bisa diperoleh secara instan. Untuk memperolah manfaat praktek kekuatan, their perlu melakukannya secara rutin serta menerapkan pola hidup apa sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat menjangkau cukup, menghindari stres, dan noël merokok.

Jenis-Jenis sebuah latihan Kekuatan

Berikut ini adalah mayoritas jenis latihan kekuatan yang dapat milik mereka lakukan tidak punya bantuan tool khusus:

1. Push-up

Push-up merupakan jenis praktek kekuatan apa bisa anda lakukan di rumah tidak punya memerlukan alat bantu. Olah ini memanfaatkan beban tubuh untuk memperkuat otot dada, lengan, bahu, dan perut. Selain itu, push-up juga baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Berikut ini adalah cara melakukan push-up yang benar:

Awali dengan lokasi berbaring tengkurap.Luruskan kedua lengan selebar bahu mencapai bertumpu pada telapak tangan, sedangkan tungkai bertumpu di atas jari kaki.Jaga agar tubuh membentuk satu baris lurus, mulailah dari kepala, punggung, hingga kaki.Tarik pernafasan dan turunkan riak secara perlahan dengan pembengkokan siku sampai membentuk sudut 90 tingkat dan dada mendekati lantai.Angkat tubuh dan luruskan siku kembali ke berposisi semula.

Lakukan gerakan push-up sebanyak 10 kali (dihitung 1 set), dan ulangi sebanyak 2–3 set.

2. Plank

Plank merupakan jenis olah yang dapat mengencangkan otot punggung, dada, perut, dan bahu. Sebuah latihan plank menyudahi dan menyudahi dilakukan, berikut ini caranya:

Mulailah mencapai posisi riak tengkurap.Gunakan lengan bagian bawah dan jari kaki untuk menyangga tubuh.Pastikan lokasi tubuh megging lurus, awal dari terutama hingga ujung kaki.Atur napas dan tahan lokasi tersebut selama 10–30 detik, kemudian turunkan riak kembali. Jika siap terbiasa, dari mereka bisa menahan berposisi plank hingga sekitar 1 menit.3. Sit-up

Latihan sit-up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut, pinggul, punggung bawah, dan leher. Berikut ini adalah cara melakukannya:

Berbaring di lantai di dalam posisi telentang mencapai lutut ditekuk dan telapak feet menyentuh lantai.Angkat sikap hingga mendekati lutut sambil menghembuskan napas.Turunkan back tubuh nanti lantai secara perlahan sambil menarik napas.Lakukanlah gerakan ini sebanyak 10 kali (terhitung sebagai 1 set) dan ulangi sebanyak 2–3 set.

Selain beberapa praktek sederhana di atas, Anda tambahan bisa melatih kekuatan otot berbadan dengan does squat jump atau lompat tali.

Latihan Kekuatan apa Dilakukan di secara spasial Fitnes

Ada beberapa praktek kekuatan apa memerlukan tool khusus. Konvensional alat-alat buat melatih kekuatan sikap tersebut tersedia di ruang angkasa fitnes, namun Anda tambahan bisa membeli peralatan tersebut untuk latihan di rumah.

Untuk melakukan latihan ini, their sebaiknya didampingi melalui instruktur kebugaran yang berpengalaman agar dapat menggunakan berbagai tool olahraga mencapai tepat.

Berikut ini adalah beberapa olah kekuatan apa dilakukan di tempat fitnes:

1. Pull-up

Pull-up merupakan gerakan mengangkat tubuh dengan posisi tubuh gantung dan memanggang mencengkeram tua- horizontal. Manuver ini bertujuan karena meningkatkan kekuatan dan daya simpan saja otot tubuh bagian atas, meliputi tangan, lengan, bahu, punggung, dada, dan perut.

2. Bench press

Latihan bench press dilakukan menjangkau cara lifted barbel batin posisi berbaring. Olah ini bertujuan untuk mengencangkan otot lengan, bahu, dan dada. Jika belum pernah does bench press sebelumnya, their sebaiknya melakukan latihan kekuatan ini dibawah pantauan instruktur fitness.

Ketika does latihan ini, instruktur become memandu their agar tidak salah dalam melakukan gerakan olah serta pilihan beban barbel apa cocok benar kemampuan riak Anda.

3. Sit cable row

Latihan ini memerlukan alat cable station yang digunakan dengan cara ditarik. Penggunaan alat ini disesuaikan dengan memuat tubuh penggunanya dan bertujuan untuk mengencangkan otot punggung dan lengan bawah.

Latihan seated cable row bisa dilakukan mencapai cara berikut ini:

Duduk tegap di alat praktek dan letakkan kedua telapak kaki di lantai, lalu luruskan kedua lengan karena memegang menangani alat. Usahakan agar otot bahu rileks dan tahan otot perut.Tarik napas dan hembuskan sambil memukau pegangan alat. Saat menarik alat, pertahankan lokasi punggung agar militer lurus dan bahu tegap.Ulangi sebuah latihan ini hingga 12–15 kali.

Lihat lainnya: Cara Menjadi Kakak Laki-Laki Yang Baik, Sebagai Adik Perempuan Yang Punya Kakak Laki

Selain latihan-latihan di atas, ada banyak tool atau jenis gerakan latihan lainnya apa bisa dilakukan untuk memperkuat otot riak bagian tertentu. Buat menentukan jenis gerakan atau alat apa saja apa cocok milik mereka gunakan, milik mereka bisa tuntutan rekomendasi instruktur fitness ataukah berkonsultasi mencapai dokter.