Pemuaian adalah bertambahnya dalam jumlah besar suatu benda buat disebabkan melalui kenaikan suhu. Terdiri dari pemuaian panjang, luas, dan selang pada zat padat, cair, dan gas.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan pemuaian


*

Apa kabar adik-adik? harapan selalu batin keadaan sehat. Materi esuba.net kita kali ini akan membahas tentang salah satu fenomena yang terkait dengan suhu, yakni pemuaian.

Sebenarnya, sudah crowd materi pemuaian di blog/website lain yang muncul di google debate topik ini. Namun, sayangnya kebanyakan dari materi tersebut penjelasannya mengawang-ngawang, singa tapi tidak jelas.

Mungkin, buat materinya noël ditulis melalui seorang yang memiliki tehnik di bidang esuba.net atau tidak pernah menggeluti fisik sampai usai jenjang mendidik tinggi (universitas).

various dengan website apa sedang kalian berpengalaman saat ini, ditulis langsung malalui seorang sarjana esuba.net lulus Universitas Negeri Makassar. Jadi, segenap materinya dapat dipertanggungjawabkan.

Pembahasan seputar pemuaian yang akan dijelaskan batin materi ini terdiri dari pengertian, rumus, esuba.netntoh soal dan jawaban, serta semua hal apa berkaitan mencapai pemuaian.

Baiklah, kita awal saja materinya...


Daftar Isi


4Faktor yang Mempengaruhi Pemuaian 5Jenis-Jenis Pemuaian 6Manfaat dan Kerugian Pemuaian

Pengertian Pemuaian


apa yang dimaksud mencapai pemuaian? batin esuba.net, pemuaian adalah bertambahnya dalam jumlah besar suatu benda karena disebabkan oleh kenaikan suhu.
esuba.netba simak tekad di atas, ada tiga poin kepala dari peristiwa pemuaian, yaitu mendapat kenaikan gaji ukuran, benda atau zat, dan kenaikan suhu.
Jadi, kapan terjadi meningkatkan ukuran, maka di atas saat itu sedang terjadi pemuaian. Kebalikan dari pemuaian adalah penyusutan, yaitu pengurangan ukuran.

Lihat lainnya: Efek Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele


semua benda mungkin mengalami pemuaian atau pertambahan ukuran, baik menemani itu benda padat, cair, maupun gas. Hal yang membedakan adalah cara pemuaian masing-masing benda.
Dari pengertian pemuaian di atas, kita also bisa langsung tahu bahwa alasan terjadinya pemuaian adalah kenaikan suhu. Kemudian apa prosesnya? Berikut ini kakak uraikan:
Pemuaian ataukah pertambahan ukuran pada benda disebabkan melalui kenaikan suhu selama benda mendapatkan panas dari luar apa mengakibatkan gerak bagus molekul bertambah cepat sehingga membutuhkan ruang apa lebih besar, akibatnya mass benda bertambah.
Sebagaimana apa pernah dijelaskan, melunakkan adalah massa kelajuan gerak getaran partikel-partikel di dalam suatu benda.
Suhu menjadi naik ketika mendapat panasnya (kalor) dari luar. Panas beesuba.netme mempengaruhi gerak molekul-molekul penyusun benda di mana getarannya ini adalah semakin cepat.
Akibatnya, partikel-partikel itu maaster saling menghindari sehingga selang antarmolekul semakin lebar. Sehingga, partikel ini adalah mengambil ruang yang lebih besar.
Jika dianalogikan, fenomena ini sama menjangkau sekelompok orang berdiri pada tempatnya dan tidak bergerak, mereka dapat berdiri diatas posisi berdekatan sehingg tidak mengambil ruang yang besar.
Tetapi, ketika mereka awal bergerak (misalkan, menari-nari), mereka ini adalah mengambil ruang apa lebih besar.
Partikel-partikel menemani itu sendiri noël bertambah ukurannya. Tetapi, seperti satu tangga mereka hunian ruang apa lebih besar.
Inilah yang menjelaskan kenapa sehingga benda mengalami pertambahan dalam jumlah besar dari ukurannya semula, semuanya berawal dari kenaikan suhu.
Pertambahan ukuran itu bisa ~ berupa meningkatkan panjang, luas, atau pertambahan ton pada benda/zat padat, cair, dan gas.
panjang bertambah, pada pemuaian panjang. Luasnya bertambah, di ~ pemuaian luas. Volumenya bertambah, di atas pemuaian volume.
Ada tiga (3) faktor apa mempengaruhi mengolahnya pemuaian benda, yaitu mass awal benda, koefisien muai benda, dan besarnya perubahan suhu.
dalam jumlah besar awal suatu benda akan berpengaruh terhadap tangani itu pemuaian. Semakin besar massa awal sebuah benda, maka semakin besar pula pemuaiannya.
Faktor selanjutnya yang mempengaruhi proses pemuaian adalah koefisien muai benda, yaitu bilangan yang menunjukan besarnya pertambahan dalam jumlah besar zat tiap satuan dalam jumlah besar zat pada kenaikan melunakkan 1 oC.
Koefisien muai dipengaruhi oleh jenis dan karakteristik suatu bahan. Jadi, setiap benda atau bahan bisa memiliki koefisien muai apa berbeda-beda. Kecuali, gas apa memiliki koefisien muai sama yang setiap tipe gas.
Selain itu, faktor yang juga mempengaruhi pemuaian adalah besarnya perubahan suhu. Kenaikan suhu yang besar menjadi mengakibatkan pertambahan ukuran yang besar pula.
Setiap benda terdiri overhead dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Apabila benda akun itu memuai, maka menjadi terjadi meningkatkan panjang, lebar, dan tinggi.
akan tetapi, karena kondisi-kondisi tertentu, kita dapat menyelidiki pemuaian di ~ arah tertentu saja.
Misalnya, pemuaian singa saja, pemuaian diskursif (panjang dan lebar) saja, atau pemuaian selang (panjang, lebar, dan tinggi).
Selain itu, setiap zat bisa ~ memiliki tipe pemuaian apa berbeda-beda. Misalnya, pada zat massf bisa terjadi pemuaian panjang, luas, dan volume. Sedangkan, diatas zat cair dan gas hanya terjadi pemuaian selang saja.
Berikut ini beesuba.netme dijelaskan secara terperinci tangani itu pemuaian pada masing-masing benda atau zat dan types pemuaian yang terjadi...

1. Pemuaian Zat Padat


di atas zat padat, bisa ~ terjadi tiga types pemuaian, yaitu pemuaian panjang, luas, dan volume.
1.1. Pemuaian berbohong
*

Pemuaian berbohong adalah pertambahan massa panjang suatu benda dari panjangnya semula karena kenaikan suhu. Pemuaian liong umumnya terjadi di atas benda berbentuk batang.
esuba.netntoh pemuaian panjang zat masif adalah di atas kawat dan rel kereta api. Kawat listrik yang terbuat dari tembaga dapat memuai diatas siang hari buat adanya kenaikan suhu acibe terik matahari.
Sedangkan, di ~ rel kereta fire seringkali terjadi pembengkokan buat mengalami pemuaian berbohong ketika suhunya meningkat.
Cara kerjanya adalah ketika batang logam dipanaskan, batang tersebut beesuba.netme memuai sehingga mendorong jarum skala musschenbroek yang menunjukkan besarnya pertambahan panjang.
Pemuaian singa dipengaruhi oleh liong awal benda, koefisien muai singa benda, dan besarnya kenaikan suhu.
Koefisien muai panjang
adalah bilangan apa menunjukkan pertambahan panjang benda setiap satuan berbohong saat mengalami kenaikan temperamen 1 oC. Koefisien muai liong disimbolkan mencapai α (alfa).
Koefisien muai berbohong suatu zat padat bergantung pada types zat atau bahan. Berikut ini adalah tabel esuba.netntoh nilai koefisien muai panjang untuk beberapa tipe zat:
Zat masif Koefisien Muai berbohong (/oC)
Aluminium2,4 x 10-5
Kuningan1,9 x 10-5
Tembaga1,7 x 10-5
Kaca Biasa0,9 x 10-5
Kaca Pyrex0,32 x 10-5
Baja1,1 x 10-5

Bila panjang mula-mula sebuah benda apa bersuhu T0 adalah L0, maka liong benda nanti dipanaskan hingga perangai T dapat diketahui melalui resep pemuaian panjang: