Gondongan adalah peradangan kelenjar parotis asibe infeksi virus. Gondongan ditandai dengan pembengkakan pada pipi penderita. Kondisi ini dapat menular dan umumnya diderita malalui anak-anak.

Kelenjar parotis terletak under telinga. Kelenjar ini berfungsi memproduksi air liur. Gondongan terjadi selama kelenjar parotis mengalami peradangan akibat infeksi virus dari golongan paramyxovirus. Jawaban bi-side tersebut dapat dengan menyudahi menyebar nanti orang lain melalui percikan ludah atau lendir apa keluar mulut atau hidung.

Anda sedang menonton: Cara menyembuhkan gondongan dengan cepat

*

Penyebab Gondongan

Gondongan disebabkan melalui infeksi viridans dari golongan paramyxovirus. viridans ini menyebar melalui droplet, yaitu percikan air liur dan lendir yang keluar dari mulut dan penggergajian penderitanya. Virus apa masuk become menetap, berkembang biak, dan berakibat peradangan serta pembengkakan di atas kelenjar parotis.

Penyebaran virus ini bisa ~ dengan sederhana terjadi saat:

Menyentuh benda-benda apa ada di kyung penderita, lalu disentuh hidung dan mulut tidak punya mencuci groep terlebih dahuluMelakukan kandungan langsung mencapai penderita, misalnya berciumanBerbagi alat makan dan curam dengan penderita

Ada mayoritas faktor yang dapat minum risiko terjadinya gondongan, yaitu:

Berusia 2–12 tahunTinggal ataukah berpergian ke quenn yang memiliki kawanan kasus gondongan

Gejala Gondongan

Gejala gondongan tradisional baru menjadi muncul 14–25 aku setelah terinfeksi virus. Gondongan ditandai mencapai pembengkakan kelenjar parotis dan gejala-gejala penyakit infeksi.

Berikut ini adalah pemfitnahan gejala yang akan meningkatkan saat terjadi gondongan:

Nyeri saat mengunyah atau menelan makananMulut keringNyeri sendiNyeri perutHilang nafsu makan

Pada beberapa penderita gondongan, gejala apa timbul bisa lebih ringan, ~ bisa menyerupai komplikasi pilek. Pemfitnahan penderita bahkan tidak mengalami gejala apa pun.

Kapan harus setelah dokter

Lakukan pemeriksaan usai dokter jika milik mereka atau anak anda mengalami komplikasi gondongan apa disebutkan di atas. Penanganan since dini dapat preventif terjadinya komplikasi.

Pemeriksaan usai dokter haruss segera dilakukan jika milik mereka atau anak milik mereka mengalami gejala yang lebih serius, seperti:

Sakit terutama beratLeher terasa kakuRasa kantuk yang sangat beratPenurunan kesadaran atau pingsan

Lakukan kontrol atau pemeriksaan kembali ke kedelapan jika ke 7 days gejala tidak kunjung membaik.

Diagnosis Gondongan

Dokter akan melakukan tanya jawab mengenai gejala apa dialami pasien, riwayat kesehatan dan imunisasi pasien, serta ada tidaknya faktor risiko gondongan, sebagai riwayat berinteraksi mencapai penderita gondongan atau bepergian ke menyiksa yang memiliki kasus godongan.

Setelah itu, kedelapan akan melakukan pemeriksaan diatas pipi atau leher pasien yang bengkak, serta melihat kapak tenggorokan dan tonsil (amandel) pasien.

Untuk memastikan diagnosis, hati-hati akan melakukan pemeriksaan mendukung berupa:

Tes swab waiting liur, karena mendeteksi jenis mikroorganisme yang menyebabkan gondongan

Pengobatan Gondongan

Jika aset imun penderita baik, gondongan dapat mengingat dengan sendirinya batin waktu 1–2 minggu. Banyak cara yang bisa dilakukan buat meredakan keluhan dan gejala yang muncul saat menderita gondongan adalah:

Memperbanyak merusak dan mencukupkan tidurMengonsumsi papan lunak agar noël perlu mengunyah terlalu banyak

Komplikasi Gondongan

Selain bertindihan kelenjar parotis, jawaban bi-side penyebab gondongan tambahan bisa menyebar dan menginfeksi bagian riak lain. Penyebaran ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti:

Pembengkakan indung telur atau ovarium

Pada banyak penderita, gondongan tambahan dapat berakibat tuli, perambahan jantung, dan keguguran, tetapi gejala tersebut sangat langka terjadi.

Pencegahan Gondongan

Penyakit gondongan sanggup dicegah menjangkau memberikan imunisasi MMR (measles, mumps, rubella) diatas anak-anak. Vaksin MMR berfungsi untuk melindungi sikap dari penyakit campak, gondongan, dan rubella.

Vaksin ini perlu diberikan di atas anak sebanyak 2 kali, yaitu saat anak berusia 15–18 bulan dan saat anak berusia 5 tahun. Namun, jika imunisasi pertama belum sempat dilakukan saat usia 15–18 bulan, vaksin pertama masih dapat menghadiahkan hingga anak berusia 3 tahun.

Jika belum pernah dilakukan di atas masa kanak-kanak, vaksin MMR masih dapat diberikan di ~ usia dewasa. Pemberian vaksin MMR buat dewasa disarankan bagi orang-orang apa berisiko tinggi terpapar viridans penyebab gondongan.

Orang apa menderita gangguan asetnya imun atau alergi terhadap bahan apa terkandung di di dalam vaksin, such gelatin ataukah neomycin, noel tidak dianjurkan karena menjalani imunisasi MMR.

Pencegahan gondongan juga bisa dilakukan dengan mengolah kebersihan diri, rutin mencuci tangan, noël berbagi peralatan bak mandi atau makan penderita, serta menerapkan etika batuk, salah satunya menjangkau menutup mulut mencapai tisu saat bersin ataukah batuk.

Lihat lainnya: Cara Mengatasi Margin Yang Tidak Bisa Diatur, Margin Atas Saya Hilang

Penderita gondongan tambahan dianjurkan karena tetap berada di rumah paling tidak selama 5 aku setelah gejala pertama muncul. Halaman ini bertujuan untuk mencegah penularan gondongan usai orang lain.