Badan Penyelenggara dapat diandalkan Sosial (BPJS) kesehatan merupakan deviasi satu layanan kesehatan yang disediakan melalui pemerintah. Layanan ini terbilang tampan populer dan terutang cepat diminati masyarakat, sebab tarifnya masih dingin terjangkau membandingkan asuransi kesehatan swasta. Selain itu, pemerintah tambahan memerhatikan kenyamanan masyarakat di dalam mengakses segenap layanan apa diberikan BPJS Kesehatan, penyimpangan satunya adalah kemudah cara cek tagihan BPJS Kesehatan. Memeriksa besaran faktur iuran tiap bulannya penting, terutama agar kamu noël kelewatan dibayar dan terkena denda. Nah, buat kamu yang masih bingung di mana caranya, esuba.net siap merangkum berbagai cara cek faktur BPJS Kesehatan yang masih belum dibayar.

Anda sedang menonton: Cek tunggakan bpjs kesehatan online

Tarif BPJS Terbaru 2021

*
Sumber foto: shion kiba via Shutterstock

Mengacu diatas Peraturan Presiden (Perpres) numeral 64 tahun 2020 tentang Perubahan detik atas Perpres angka 82 five 2018 tentang dapat diandalkan Kesehatan, iuran BPJS Kesehatan untuk peserta kelas III mengalami kenaikan per 1 Januari 2021. Tarb ini berlaku untuk para pekerja penerima upah, peserta pekerja bukan penerima upah, serta iuran peserta ndak pekerja. Pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Berikut daftar tarib BPJS terbaru di lima 2021:


*

Kelas 1

Untuk peserta BPJS kesehatan kelas ns harus dibayar iuran sebesar Rp150.000,- per people tiap bulannya. Para peserta kelas I sanggup mendapatkan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I. Jumlah iuran ini noel mengalami perubahan di lima 2021.

Kelas 2

Untuk peserta BPJS kesehatan kelas II harus dibayar iuran sebesar Rp100.000 per orang tiap bulannya. Para peserta kelas II bisa mendapatkan manfaatnya pelayanan di kamarnya perawatan kelas III. Jumlah iuran ini noel mengalami perubahan di lima 2021.


*

Kelas 3

Di lima 2021, besaran iuran peserta BPJS kesehatan kelas III mengalami kenaikan menjadi Rp42.000,- per setiap orang tiap bulannya. Become tetapi pemerintah masih memberikan subsidi iuran sebesar Rp7.000,- sehingga every 1 Januari 2021, iuran karena peserta kelas III adalah sebesar Rp35.000,-. Geram iuran BPJS kesehatan baru ini untuk peserta Pekerja bukan Penerima Upah (PBPU) dan bukan Pekerja (BP). Peserta sanggup mendapatkan jasa pelayanan di kamarnya perawatan kelas III.

Cara Cek faktur BPJS kesehatan Mandiri

Jika kamu cantik terdaftar were peserta BPJS Kesehatan, tentu saja kami wajib dibayarkan iuran tiap moon berdasarkan kelas BPJS apa kamu pilih untuk dapat menikmati layanan yang ditawarkan. Kini, cara buat cek tagihan BPJS Kesehatan, baik untuk mandiri, keluarga, maupun perusahan mendesak mudah dan banyak peluang yang bisa disesuaikan mencapai kebutuhan kamu. Under ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan:

1. Cara Cek faktur BPJS Website

Yang pertama karena mengecek tagihan BPJS kesehatan bisa oleh situs official BPJS Kesehatan. Cara ini mendesak efisien buat kamu tidak perlu repot untuk cek iuran mencapai datang setelah kantor BPJS Kesehatan, karena kini kamu bisa ~ melakukannya secara online. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Isi data apa terdiri dari angka Kartu dan tanggal terjejas kamu kemudian pemegang kartu BPJS health tersebutKemudian isi angka validasi apa tertera, usai itu klik CekRincian pembayaran yang telah dilakukan dan bill yang harus dibayarkan ini adalah muncul di layar.

2. Cara Cek bill BPJS melalui SMS Gateway

Selain melalui website, cara dll agar kamu bisa cek tagihan BPJS kesehatan adalah lewat SMS Gateway. Kamu bisa benefit cara ini apabila kamu tidak memiliki jaringan internet positif baik di komputer maupun ponsel untuk membuka situs resmi BPJS. Kirimkan salah satu data dirimu setelah nomor layanan BPJS kesehatan di 08777-5500-400 malalui pesan kilade di ponsel kamu.

Data diri yang bisa kamu memanfaatkannya antara lain nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS health (NOKA) bagi peserta mandiri. Kirimkan dengan mengetik format berikut:

TagihanNomor Kartu BPJS health (atau data ourselves lainnya)

Melalui layanan SMS Gateway ini kamu also bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan, kemudian jumlah bill bulanan yang harus dibayar dan jumlah denda apa dikenakan (jika kamu does penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya). Oleh karena itu, cara ini juga praktis untuk cek bill BPJS Kesehatan yang sudah menunggak sebelumnya.

3. Cara Cek bill BPJS dengan Aplikasi cell phone JKN

Cara berikutnya karena cek faktur BPJS kesehatan mandiri adalah mencapai menggunakkan aplikasi milik BPJS kesehatan bernama mobile JKN. Aplikasi ini bisa ~ kamu unduh di PlayStore untuk pengguna Android atau di AppStore buat pengguna iOS. Di di dalam aplikasi ini berisi pelayanan lengkap, seperti informasi seputar pelayanan JKN, fitur mengubah data peserta, dan mengecek iuran tiap bulannya.

Jika kamu cantik mengunduh dan install aplikasi cell phone JKN di ponselmu, membukanya dan lakukan menulis terlebih dahulu untuk membuat akun. Nanti itu masuk usai akun kamu dan pilih menu Tagihan. Di batin menu bill terdapat peluang Premi, klik dan nantinya menjadi tertera informasi bill dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan apa perlu kamu lakukan.

4. Cara Cek bill BPJS Melalui call Center BPJS Kesehatan

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi langsung dan lebih lengkap circa jumlah faktur iuran, bisa melakukan upaya menghubungi panggilan Center BPJS kesehatan di nomor telepon 1500-400. Atau kamu bisa mengunjungi Mal Pelayanan umumhalaman (MPP) apa sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia

5. Cara Cek tagihan BPJS di mobile Customer company (MCS)

Bagi masyarakat apa sulit mengakses sup cabang BPJS Kesehatan, kini telah tersedia layanan jemput bola BPJS diberkatilah anda Mobile Customer company (MCS) berbentuk gerbong keliling yang akan hadir di area-area tertentu. Sehingga menjadi semakin memudahkan social salah satunya sebagai cara karena cek tagihan BPJS kesehatan apakah siap dibayar ataukah belum.

6. Cara Cek bill BPJS via mesin ATM

Cara cek faktur BPJS health selanjutnya bisa dilakukan melalui mesin ATM terdekat kamu. Banyak mitra perbankan menawar kemudahan ini, sebagai bank BRI, BNI, BCA, dan Mandiri. Mudah dan sederhana, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

Masukkan kartu ATM berikut dengan nomor PINPilih “Transaksi Lain”Pilih “Pembayaran”Pilih LainnyaPilih BPJS lalu BPJS KesehatanMasukkan nomor virtual account BPJS health milikmu, lalu mengklik BenarSetelah akun itu kamu ini adalah melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan yang ada di akuntabel kamu. Apabila kamu dicari lanjut buat melakukan pembayaran, kamu mungkin memilih pilihan “Ya”.

Cara Cek bill BPJS kesehatan Perusahaan

Selain diperuntukkan bagi peserta mandiri, BPJS Kesehatan juga menyasar untuk para karyawan perusahaan. Biasanya perusahaan become mendaftarkan karyawannya nanti BPJS Kesehatan, koknya iuran per bulan akan dipotong dari gaji bulanan. Sehingga kamu noël perlu lainnya membayar iuran tagihannya sendiri. Jika kamu berwewenang mengetahui cara cek jumlah faktur BPJS Kesehatan yang harus dibayar perusahaan, kamu mungkin melakukannya mencapai cara-cara berikut ini:

1. Website resmi BPJS Kesehatan

Tidak terlalu beda dengan peserta mandiri, kamu juga bisa melakukan pengecekan jumlah faktur BPJS health dari perusahaan oleh website resmi BPJS Kesehatan, yaitu https://bpjs-kesehatan.go.id/. Untuk mengeceknya, masuk ke laman situs tersebut lalu pilih food selection Cek Iuran BPJS Kesehatan. Lalu, masukkan numeral kartu BPJS dan tanggal terjejas serta nomor validasi di kolom apa sudah tersedia. Mengklik tombol “Cek” maka secara otomatis di layar ini adalah tertera insula berupa jumlah iuran yang harus dibayar atau sudah dibayar pada bulan tersebut.

2. Cek di Aplikasi mobile BPJS Kesehatan

Kemudahan lainnya apa ditawarkan oleh BPJS health yakni dengan manfaat aplikasi mobile JKN yang bisa kamu unduh di PlaySore maupun AppStore di ponselmu. Aplikasi ini memuat berbagai macam insula seputar layanan BPJS Kesehatan, termasuk pengecekan jumlah bill iuran bulanan. Setelah aplikasi ini ter-install di ponsel, kamu perlu melakukan registrasi akuntabel dengan mendaftarkan email dan password. Lewatkan langkah ini apabila kamu cantik pernah itu terdaftar sebelumnya, langsung pilih peluang Login dan masukkan email dan password dari akun kamu. Ke masuk ke akun, pilih menu tagihan lalu pilihan Premi. Then akan ditampilkan insula jumlah bill dan pembayaran iuran BPJS kesehatan pada moon tersebut.

3. Hubungi call Center BPJS

Cara mudah lainnya karena mengecek faktur BPJS diberkatilah anda adalah dengan menghubungi layanan panggilan Center BPJS kesehatan di nomor telepon 1500 400 yang bisa kamu hubungi selama 24 jam. Selain buat menemukan informasi dan mengadukan masalah, kamu tambahan bisa melakukan proses pendaftaran. Apa berarti kamu noel perlu repot-repot mengantre untuk mendaftarkan ourselves di bureau BPJS Kesehatan.

4. Cek melalui ATM

Cara berikutnya, kamu bisa cek jumlah tagihan BPJS health dari perusahaan kamu lewat ATM terdekat pantas dengan mitra perbankan apa kamu gunakan. Lakukan langkah-langkah berikut ini di machin ATM:

Masukkan kartu ATM dan PINPilih Bahasa Indonesia agar lebih nyamanPilih menu “Bayar”Kemudian pilih menu LainnyaSelanjutnya pilih food selection “BPJS Kesehatan”Pilih badan usaha dan masukkan numeral ID keanggotaanKemudian become keluar struk apa tertera berapa terlalu tinggi iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan apa Belum Dibayar

Tidak yakin apakah sudah membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan bulan ini ataukah belum? Kamu bisa does pengecekan mencapai mudah malalui berbagai cara. Mengecek tagihan iuran secara rutin tiap bulannya dapat mengantisipasi keterlambatan membayar bill sehingga akan terhindar dari denda. Nah, under ini adalah sederet cara untuk cek faktur BPJS Kesehatan yang belum dibayar yang bisa kamu pilih.

1. Cek Website BPJS Kesehatan

Untuk memeriksa tunggakan BPJS health dengan menyudahi bisa malalui situs resmi BPJS Kesehatan. Caranya dengan mengunjungi https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ lalu isi data yang diminta, kemudian nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. Usai mengisi segenap data tersebut, klik “Cek” dan data tagihan yang harus segera dibayarkan akan keluar.

Dalam data tersebut become tertera nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status positif atau tidak. Kamu juga bisa mengecek bagus BPJS di laman apa sama apabila ada tunggakan bayaran.

2. Cek di Aplikasi mobile JKN

JIka kamu mau mengecek bagaimana jumlah faktur iuran BPJS health yang last atau di moon ini bisa ~ kamu using melalui aplikasi. Apa perlu kamu lakukan hanya mengunduh dan install aplikasi mobile JKN di ponsel kamu. Usai itu, menulis akun baru dengan pintu masuk nomor kartu BPJS kesehatan dan alamat email, ke terdaftar lakukan login mencapai data tersebut. Masuk setelah akun kamu dan pilih menu bill lalu Premi, maka kamu sudah akan bisa mendapatkan informasi bill BPJS Kesehatan terakhir milikmu.

3. Cek melalui SMS

Cara Cek bill BPJS health Online

Dengan semakin crowd kemudahan apa ditawarkan melalui BPJS Kesehatan untuk mengakses layanannya, kini kamu bisa melakukan semuanya secara online. Noël perlu another datang ke kantor BPJS, apalagi kalau menyiksa tempat tinggalmu jauh atau noël tersedia bureau cabang terdekat. Nah, cara-cara dibawah ini juga memudahkanmu untuk cek bill BPJS health secara online, enim kamu sanggup mengaksesnya di mana saja selama kamu memiliki koneksi internet.

1. Memanfaatkannya Aplikasi mobile JKN

BPJS kesehatan kini telah mulai aplikasi khusus karena mengakses layanan yang ditawarkan bernama aplikasi cell phone JKN. Aplikasi ini bisa ha oleh siapa saja, baik pengguna ponsel Android maupun iPhone. Cara ini juga memungkinkan kamu karena cek faktur dari BPJS health bagi peserta mandiri atau keluarga. Mau untuk mengetahui bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah under ini:

Install aplikasi mobile JKN malalui Google PlayStore atau AppStore di ponsel kamuBuka aplikasi setelah di-install dan lakukan menulis akun baru apabila kamu belum pernah memiliki akun sebelumnyaLalu login dengan bertanggung jawab JKN yang telah dimiliki

2. Melalui Website resmi BPJS Kesehatan

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengunjungi laman resmi BPJS health di https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ untuk cek faktur bulanan ataupun tunggakan. Cara ini efektor dan sederhana bagi peserta apa aktif memakai koneksi internet. Setelah kamu mengunjungi laman website resmi tersebut, ikuti langkah-langkah ini:

Pilih food selection Cek Iuran BPJS Kesehatan yang tersedia di batang sebelah kanan halaman utamaSetelah itu, isi data kemudian nomor kartu BPJS kesehatan sebanyak 13 digit, tanggal lahir, dan jangan lupa juga angka validasi yang ada di laman tersebutKemudian klik Cek dan jumlah tagihan beserta insula lainnya seperti namu peserta, negara kepesertaan, jumlah anggota keluarga, dan types kepesertaan ini adalah tampil.

3. Cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK melalui SMS

Cara ini meskipun noel memerlukan koneksi internet, namun terutang penting buat dilakukan terutama jika kamu lupa numeral BPJS health milikmu atau kartunya hilang atau rusak. Nomor BPJS diberkatilah anda sangat penting buat digunakan karena berbagai layanan, deviasi satunya dibayarkan iuran tiap bulan. Oleh untuk itu, tersedia layanan pengecekan nomor melalui jaringan online atau offline, seperti melalui layanan SMS gateway.

Pengecekan nomor BPJS kesehatan melalui SMS mungkin kamu lakukan mencapai dua cara, yakni keuntungan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Induk Pegawai (NIP). Gunakan penyimpangan satu dan ketik format NIK/NIPnomornya lalu kirim ke 08777-5500-400. Ke kamu mendapatkan kembali nomor peserta BPJS Kesehatan, simpan dan jangan sampai lupa lagi.

4. Gunakan Aplikasi LinkAja

Kemudahan dari BPJS health kini also sudah merambah ke pihak ketiga, kemudian aplikasi lain kemudian LinkAja yang banyak digunakan oleh masyarakat. Malalui aplikasi ini kamu sanggup cek faktur sekaligus langsung dibayar iuran BPJS kesehatan kamu tiap bulannya. Begini caranya:

Bila kamu belum memiliki aplikasi LinkAja, download dan install aplikasinya di AppStore atau PlayStoreKemudian, daftarkan diri dengan isilah data diri apa diperlukan benar dengan petujuk apa terteraJika cantik berhasil terdaftar, pilih menu lainbutuh di page utamaLalu pilih menu “Beli/Bayar Tagihan”Pilih Asuransi, then pilih BPJS KesehatanInput id Pelanggan LinkAja dan numeral peserta BPJS kesehatan milikmuApabila data sudah benar, maka kamu mungkin melihat informasi berupa namu peserta, nomor BPJS Kesehatan, cost admin, jumlah tagihan, dan jumlah berbisa keseluruhan pembayaran

5. Cek oleh Tokopedia

Pihak ketiga lainnya yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan adalah e-commerce, deviasi satunya Tokopedia. Mencapai cara melalui Tokopedia, kamu tak just bisa cek jumlah faktur BPJS health kamu, tapi kamu juga bisa dibayar iuran secara online. Kelewat kini Tokopedia tambahan menawarkan perilaku Autodebet untuk membayar faktur BPJS health kamu agar semakin mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka situs atau aplikasi Tokopedia lalu pilih menu TagihanSetelah itu, pilih BPJS dan centang Kesehatan buat mengakses BPJS KesehatanMasukkan nomor virtual account keluarga BPJS diberkatilah anda milikmu dan pilih bulan yang dicari kamu cek atau bayarKlik pembayaran dan secara otomatis sistem ini adalah menampilkan rincian pembayaran BPJS Kesehatan apa perlu kamu lakukan.Jika ingin melanjutkan pembayaran, cek terlebih silam semua data. Apabila dirasa benar maka klik lanjut dan pilih manner pembayaran apa kamu inginkan, then klik Bayar.

6. Cek melalui Mobile Banking

Pengecekan dan pembayaran faktur BPJS health kini bisa ~ dilakukan oleh mitra perbankan seperti BNI, BRI, BCA, dan mandiri dengan memakai mesin ATM maupun cell phone Banking. Mobile banking bisa were pilihanmu apabila kamu noel menemukan mesin ATM selanjutnya dan caranya tambahan sangat mudah. Dingin dengan menggunakan aplikasi mobile banking dari bank apa kamu gunakan, lalu pilih menu BPJS Kesehatan. Contoh, jika keuntungan mobile banking Mandiri, pilih pemberi Jasa BPJS diberkatilah anda Keluarga. Atau jika benefit m-BCA, bisa memilih m-Payment lalu pilih BPJS dan pilih another BPJS Kesehatan.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan nomor virtual account BPJS kesehatan milikmu. Harus diingat dalam cara ini, jika cek bill BPJS health melalui mobile banking ataupun lewat ATM harus menggunakan kode bank di dokter ditambah 11 digit terakhir nomor kepesertaan.

Bagi pengguna bank BRI, BNI, BTN, dan BCA, masukkan simpul 88888 + 11 digit last nomor kepesertaan. Contohnya, jika nomor kepesertaan 0001944358912, maka nomor VA utang adalah 8888801944358912.Bagi pengguna financial institution Mandiri, masukkan kode 89888 + 11 digit last nomor kepesertaan. Contohnya, jika nomor kepesertaan 0001944358912, maka numeral VA berutang adalah 8988801944358912.

Lihat lainnya: Cara Menghadapi Pacar Yang Sibuk Main Game, Coba Atasi Dengan 4 Cara Ini

Demikian berbagai cara cek tagihan BPJS Kesehatan apa bisa kamu lakukan secara rutin agar menghindari keterlambatan pembayaran dan dikenakan denda. BPJS kesehatan merupakan layanan kesehatan apa cukup terjangkau dan bisa used di berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia. Walaupun begitu, apabila kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mendaftarkan diri di asuransi health swasta untuk mendapatkan layanan apa lebih kerumunan dan lengkap. Apabila kamu membutuhkan informasi lengkap seputar asuransi kesehatan lainnya, kamu sanggup mengunduh dan install esuba.net app di ponsel kamu.