Agar mendapatkan penanganan tepat, Bunda wajib knows gejala-gejala awal munculnya kanker payudara di ~ wanita.

Anda sedang menonton: Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali


Kanker payudara merupakan deviasi satu tipe kanker terganas yang umumnya menyerang kaum wanita. Ciri-ciri kanker payudara memang seringkali noel nampak secara kasat mata. Namun perubahan-perubahan kecil yang terjadi pada payudara haruss disadari, Bun!

Sebelum khawatir further mengenai kanker payudara dan ciri-cirinya, ada baiknya Bunda pahami anatomi payudara itupenggunaan terlebih dahulu.

Anatomi payudara perempuan

*


2. Pembengkakan di ketiak, tulang selangka atau payudara

Ciri ciri kanker payudara lainnya adalah adanya pembengkakan di area ketiak, payudara atau tulang selangka. Namun, apabila bab ini terjadi halaman ini berarti kanker payudara telah menyebar di ~ kelenjar getah bening.

Pembengkakan ini juga menandakan bahwa milik mereka memiliki jenis kanker payudara apa cukup agresif; umumnya disebut kemudian kanker payudara inflamasi.

3. Rasa sakit dan nyeri di payudara

Meskipun benjolan yang ditimbulkan sebenarnya gejala mulailah kanker payudara, terkadang rasa sakit dan nyeri di payudara juga bisa menandakan adanya ciri ciri kanker payudara.

4. Permukaan payudara yang tesuba.netak merata

Apabila saat Bunda mencoba meraba payudara dan menemukan permukaan apa tak rata, baik datar maupun berlekuk tak normal chapter ini sanggup menandakan komplikasi tumor di atas payudara Anda.


5. Perubahan bentuk payudara

Apakah Bunda dirasakan payudara mengalami perubahan apa signifikan? Baik dari segi ukuran, tekstur, permukaan ataupun temperaturnya. Waspada Bun, bisa enim ini ciri ciri kanker payudara apa harus segera ditangani.

*

6. Perubahan bentuk puting

Perubahan bentuk puting payudara termasuk di antaranya:

Tertarik usai bagian dalamSeperti ada lesung pipitRasa terbakarRasa gatalLuka-luka

7. Diambil cairan dari puting

Bunda bisa menyadari adanya cairan tak normal yang keluar dari puting susu sanggup berwarna jernihg, berdarah ataupun warna lainnya.

Ada dua kemungkinan, kelainan diatas payudara ataupun kanker payudara.


8. Kulit payudara such pecah-pecah

Bagian kulit apa pecah-pecah biasanya akan terasa variasi jika their sentuh menggunakan rumbai telanjang.

Baca juga: perbedaan Mastitis dan Kanker Payudara

Apa apa harus dilakukan jika saya merasakan gejala mulai kanker payudara kemudian di atas?

*

Segera konsultasikan terms Anda kepada dokter, periksakan kapak payudara mencapai mammogram karena mengetahui adanya jaringan kanker di atas payudara atau tesuba.netak.

Lihat lainnya: Inilah 7 Kebiasaan Ciri Ciri Orang Akan Sukses Untuk Membantu Anda Meraih Impian

Sebaiknya, feminin berusia 40-44 lima harus mulailah mempertimbangkan verifikasi dini kanker payudara melalui mammogram. Sementara banci berusia 45-54 tahun, setesuba.netaknya harus melakukan tindakan mammogram satu kali dalam setahun. Lalu karena wanita menjangkau usia di ~ 55 tahun, sanggup melakukannya setiap dua tahun sekali sesuai kebutuhan.

Bagaimanapun, tak segenap tindakan mammogram dapat mendeteksi keberadaan kanker di atas payudara kita, Bun. Oleh buat itu, sebelum melakukan mammogram konsultasikan terlebih silam kondisi payudara Bunda dengan dokter.