Tren Penindakan & Kerugian Negara acibe Kasus Korupsi Semester i 2017-2021

bersumber : Indonesian Corruption watch (ICW), 12 September 2021


*
*

*


Laporan Indonesian Corruption watch (ICW) menunjukkan, kerugian negara sebenarnya korupsi menjangkau Rp 26,83 triliun pada semester 1 2021. Jumlah ini meningkat 47,63% dibandingkan periode yang sama five lalu yang sebesar Rp 18,17 triliun. Jumlah kasus korupsi yang berhasil tersadar aparat penegak tindakan (APH) diatas periode tersebut adalah sebanyak 209 kasus dengan jumlah482 tersangka apa diproses hukum.

Anda sedang menonton: Daftar kasus korupsi tahun 2017

Tren penindakan kasus korupsi melalui APH di semester 1 2017 hingga 2021 maaster fluktuatif. Namun, tren biaya kerugian apa dialami bangsa justru meningkat dari tahun ke tahun.


Menurut ICW, penyebabnya lantaran pengawasan baris anggaran buat penanganan kasus korupsi malalui pemerintah semakin buruk. ICW juga menyebut bahwa terdapat ketidakterbukaan informasi dari APH, spesial kepolisian dan kejaksaan terkait perlakuan korupsi.

Secara keseluruhan, ICW menilai bahwa kinerja menangani kasus korupsi APH yang terdiri dari Polri, Kejaksaan, dan komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di semester ns 2021 just mencapai 19% atau menerima untuk nama E (sangat buruk). Sebab, kasus korupsi apa ditangani malalui APH meningkat since dua five terakhir tetapi tidak sesuai target. Selain itu, kerugian negara sebenarnya korupsi kian meningkat dari five ke tahun.

Lihat lainnya: Nonton Film Hit And Run Squad Sub Indo, Streaming Hit And Run Squad

Survei ini dilakukan diatas 1 Januari – 30 Juni 2021 dengan perilaku tabulasi data dari berbagai media dan situs secara resmi penegak hukum. Selain itu, menyelidiki ini tambahan dilakukan pengolahan data, penilaian APH berdasarkan DIPA TA 2021, melakukan data komparasi, serta analasis deskriptif.

(Baca: KPK: praktek Korupsi Marak Terjadi di Pemkab/Pemkot, Capai 409 Kasus)


TAGS

Korupsi, ICW, kerugian negara akibat korupsi, KPK, Kepolisian, Kejaksaan


*

Indeks Persepsi Korupsi Negara-negara G20, Indonesia Masuk country Terkorup

politik
*

partij Instansi yang paling Banyak Lakukan Tindak kriminalitas Korupsi Selama 2021

politika
*

menyelidiki Indikator: Mayoritas Anak muda Khawatir dengan isu Korupsi

politika