Pernah enggak sih kalian waktu sekolah main drama gitu ? bisa kalau di ingat-ingat lucu also yah. Nah dalam item ini kita akan coba mengulas sekitar berbagai macam naskah drama. Mulailah dari naskah drama komedi, naskah drama persahabatan, naskah drama pendidikan, naskah drama hayatnya sehari-hari, naskah drama cerita rakyat, naskah drama bahasa jawa, dan naskah drama di sekolah.

Anda sedang menonton: Drama bahasa jawa 7 orang tentang legenda

Sebelum kita setelah contoh teks drama. Sebaiknya untuk kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu teks drama. Nah berikut ini become akan start mengulas dari pengertian drama, jenis-jenis drama, unsur-unsur drama, ciri-ciri drama.


Daftar isi Artikel


Pengertian Drama

*
500px.comDrama merupakan sebuah karya sastra yang ditulis di dalam bentuk percakapan, obrolan, dialog, dan nantinya menjadi dipentaskan atau ini adalah dipertunjukkan di dore orang banyak. Drama juga biasa disebut mencapai teater.

Jadi singkatnya, drama adalah cerita yang disajikan di dalam bentuk percakapan dan gerakan apa akan secara kelembagaan di atas fase atau di lokasi-lokasi tertentu.

Jenis tipe Drama


*
500px.comAda beberapa tipe drama yang biasa digunakan, tergantung dari dasar yang digunakannya. Di dalam bentuk pembagian drama, biasanya digunakan 3 dasar, yakni berdasarkan penyajian kematian drama, berdasarkan keberadaan naskah drama tersebut dan berdasarkan sarana.

Berdasarkan penyajian kisah, drama dibedakan were 8 jenis, yaitu :

Drama tragis : Drama apa menceritakan kesedihanDrama komedi : Drama apa menceritakan kelucuanDrama Tragekomedi : Perpaduan antara drama komedi dan drama tragediDrama opera : Drama yang dialognya dinyanyikan dan diiringi dengan musikDrama melodrama : Drama apa dialognya ducapkan dan diiringi dengan musikDrama farce : Drama yang menyerupai dagelan, become tetapi tidak jenuh drama tersebut kemudian dagelanDrama tablo : types drama apa lebih menonjolkan gerak, para pemainnya noel mengucapkan suatu dialogpun, namun dengan does berbagai gerakan.Drama sendratari : gabungan antara seni drama dengan artian tari.

Berdasarkan dari sarana pementasannya, drama dibagi were 6 jenis yaitu :

Drama fase : Drama yang jenuh dimainkan di atas panggung.Drama radio : Drama ini noël bisa dilihat, become tetapi just bisa di dengarkan malalui penikmatnya saja dengan malalui radio.Drama television : Drama ini dimainkan pada panggung, ini adalah tetapi untuk kita just bisa menyaksikannya melalui televisi, maka noël dapat diraba.Drama movie : Drama film benefit media layar besar dan tradisional dipertunjukkan di bioskop.Drama boneka : Drama ini di iringi melalui pagelaran wayang.

Berdasarkan ada atau noël adanya naskah drama, drama dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :


Drama modernis : Drama yang menggunakan naskahDrama secara tradisional : Drama yang noël menggunakan naskah

Unsur Unsur Drama

*
500px.com
Berikut ini adalah penjabaran mengenai unsur-unsur drama :

Tema adalah ideas pokok atau sebuah gagasan utama apa terdapat dalam cerita drama.Alur, yakni jalannya cerita drama dari pertunjukkan awal sampai selesai.Tokoh drama terdiri overhead tokoh terutama dan tokoh pembantu.Watak adalah basi yang diperankan melalui tokoh drama. Terdiri dari watak antagonis dan watak protagonis.Latar merupakan menyeluruh tempat, waktu, serta kondisi apa terjadi di dalam kisah drama yang sedang berlangsung.Amanat, yaitu pesan yang disampaikan dari pengarang kepada seluruh penonton. Amanat batin drama disampaikan dengan melalui peran tokoh di batin drama tersebut.

Ciri Ciri Teks Drama

*
500px.comBerikut ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri teks drama :

Seluruh tale drama berbentuk dialog, siapa tahu itu tokoh dan juga naratornya. Inilah ciri utama batin naskah dialog, semua ucapan harus ditulis di dalam bentuk teks.Dialog batin drama tidak menggunakan tanpa petik. Hal ini dikarenakan percakapan drama ndak sebuah kalimat langsung. Oleh untuk itu, naskah drama individu seharusnya noel menggunakan tanda petik.Naskah drama dilengkapi mencapai sebuah petunjuk apa harus dilakukan di ~ tokoh pemeran apa bersangkutan. Petunjuk tersebut bisa ~ ditulis dalam gejala kurung atau bisa also dengan menggunakan jenis huruf apa berbeda mencapai huruf yang lainnya.Naskah drama tersoroh diatas kotak dialog atau disamping dialog.

Contoh Naskah Drama pincang Dimainkan 6 Orang

Skenario 

Dalam skrip drama ini pemainnya berjumlah 6 orang. Drama ini menceritakan sekelompok pemuda apa berasal dari keluarga apa sangat kaya yang noël mementingkan perasaan people lain dan selalu menganggap materi adalah segala-galanya. Berikut ini adalah alur dari skenario drama tersebut :

Tema

Arti dari Sebuah Kehidupan

Ritme


1. Eksposisi :


TommyBrandonAnnaElsaHelenIvan

2. Permasalahan

Brandon, Anna, Tommy, dan ivan menyingkirkan Elsa mencapai seenaknya semenjak gadis tersebut bang miskin.

3. Komplikasi

Elsa berencana karena bunuh diri untuk orang orang tuanya bangkrut dan teman-temannya meninggalkan dirinya begitu saja.

4. Bien 1

Anna dan ivan sering begitu banyak, begitu banyak menyakiti trần Elsa dengan notes mereka.

5. Bien 2

Helen, yakni kakak kelas Elsa, berbesar hati untuk memaafkan mereka dan itu produksi mereka menyadari atas kesalahan apa mereka perbuat.


Karakter

Brandon (Antagonis)Helen (Prontagonis)Ivan (Antagonis)Elsa (Tritagonis)Tommy (Tritagonis)Anna (Tritagonis)

Latar

Tempat : cafe dan rumah sakitWaktu : Siang hari

Contoh Naskah Drama Komedi Dimainkan 5 Orang

Drama konvensional diambil dari peristiwa yang sangat mungkin terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Drama noël bersifat fiksi sebagai cerita-cerita apa terdapat batin novel dan sebagainya. Nah, sebelum kita usai naskah dramanya, kita menjadi menjelaskan terlebih sebelum mengenai mayoritas tokoh yang terlibat di batin drama ini. Diantaranya adalah kemudian berikut :


Rio : Cerdik, pintar mengeles , dan pembohong tingkat akut.Asep : Sangar, tegas, dan emosionalRenata : Kepo, komentator, cerewet, dan puitis apa dipaksakan.Renal : alles di bawah standarRirin : Pintar, disiplin, rajin, dan baik hati

Contoh Naskah Drama bersekutu Dimainkan 6 Orang

Berikut ini kita ini adalah memberikan contoh naskah drama persahabatan yang dimainkan malalui 7 orang. Sebelum kita lanskap teksnya, terlebih dahulu kita ini adalah menjelaskan mengenai unsur intrinsiknya.

Tema

Persahabatan


Judul

Musuh were Sahabat


Latar Tempat

Latar secara spasial yang digunakan cafe, kantin kampus, kelas, dan ruangan perpustakaan.

Latar Waktu

Latar waktu yang tangan kedua pagi, siang, dan sore.

Amanat

Amanat apa terkandung di dalam drama ini adalah terkadang seseorang yang melakukan perbuatan yang noel baik mungkin dibalas menjangkau perbuatan apa baik. Bab itu dikarenakan segenap perbuatan yang jahat akan dulu pelajaran bagi dirinya individu bagi apa melakukannya.

Rika : Baik , Pendiem , Jago beladiri ( Mita )Eca : Jutek dan prison ( Resa )Kara : jail dan beristirahat , Tomboy ( Zahra )Mario : jail dan Asik . ( Fahri )Amanda : Rajin dan Baik ( Aulidia )Roy : Baik dan Rajin . ( Aji )Jony : Jahat , jail dan cerdas . ( Sony )

Contoh Naskah Drama singkat Persahabatan Dimainkan 7 Orang

Dalam tangani itu pembuatan naskah drama diperlukan ketelitian di dalam memberikan cerita yang jernih dan dapat sederhana dipahami melalui setiap orang yang melihatnya. Selain itu tambahan membutuhkan ilmu mengenai cara buat mengungkapkannya. Agar nantinya dulu sebuah drama apa utuh dan enak untuk dibaca dan ditonton saat dipentaskan karena dilihat oleh crowd orang.

Kali ini kita ini adalah memberikan contoh naskah drama singkat tentang persahabatan yang dimainkan melalui 7 people pemain. Tokoh batin drama ini memiliki karakter apa berbeda-beda dan mempunyai peran tertentu apa membangun cerita ini secara keseluruhan yang utuh. Selain itu drama ini tambahan merupakan kematian seorang wanita apa berusaha melelahkan bekerja karena dapat help ibunya apa sedang terlilit kayu di sebuah financial institution di desanya.

Sebelum kita lanskap naskah dramanya, kita akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai skenario dramanya. Berikut ini adalah ulasannya :

Tema 

Nilai Perjuangan

Ritma

1. Eksposisi

GadisRistaGilangSintaIntanRudiBayu

2. Permasalahan

Gadis berusaha keras untuk pindah pekerjaan apa memberikan gaji yang lebih besar untuk membantu ibunya apa sedang kelilit utang di financial institution desanya.

3. Komplikasi

Gilang dicari gadis tetap dulu karyawan di tokonya agar ia noël kerepotan buat mencarikaryawan baru yang noël serajin Gadis.

4. Catatan 1

Gilang tuntutan bantuan kepada bayu untuk untuk membuat Gadis kesulitan mencari pekerjaan yang baru.

5. Bien 2

Rista ingin tolong Gadis untuk segera mendapatkan pekerjaan apa baru menjangkau gaji apa lebih besar.


6. Kesimpulan

Gadis pertarungan keras apa pada finite ia mendapatkan sebuah pekerjaan yang bisa membantu untuk melunasi hutang-hutang ibunya.

Karakter

Protagonis : GadisAntagonis : GilangTritagonis : RistaFiguran : Sinta, Intan, Bayu, Rudi

Latar

Drama ini keuntungan latar angkasa di rumah Rista dan waktunya di dimensional hari.

Contoh Naskah Drama Lucu 

Contoh Naskah Drama cerita Rakyat 

Contoh Naskah Drama Bahasa Jawa

Contoh Naskah Drama Romantis

Pada suatu siang di taman sekolah Reno dan Reni sedang duduk berjauhan.

Lihat lainnya: Lirik Lagu Glen Fredly Akhir Cerita Cinta ", Glenn Fredly

Reno : “Reni, jangan terlalu lama duduk di kursi itu, dipindah kesini saja berdekatan saya”

Reni : “Memangnya kenapa?”

Reno : “Takut kamu dikerubutin semut, soalnya kamu manis… Kamu itu such sendok.”

Reni : “Kok bisa?”

Reno : “Karena kamu terus mengaduk-aduk perasaanku. Permisi ya, belakangan ini tanganku agak kasar.”

Reni : “Gak apa apa kok. Memangnya kenapa?”

Reno : “Soalnya tiap pulang sekolah aku memanggang kuli.”

Reni : “Yang benar? Dimana?”

Reno : “Di trần kamu Ren, aku sedang bangunan istana dicintai kita berdua. Oiya Ren, kenapa kita cuma bisa ngelihat pelangi setengah doang?”

Reni : “Enggak tau. Kenapa emang?”

Reno : “Soalnya setengahnya lainnya ada di mata kamu. Eh Ren, aku boleh pinjam flashdisk kamu gak?”

Reni : “Boleh boleh. Mau karena apa?”

Reno : “Buat ayunkan hatiku usai hatimu.”

Kemudian bel tanda tangan masuk kelas berbunyi

Reni : “Lho, mau kemana?”

Reno : “Udahan dulu ya. Bel masuk cantik bunyi.”

Reni : “Ok.”

Contoh Naskah Drama Teater

Dialog antara seorang medang dan anak gadisnya di ~ suatu senja hari


Anak Gadis : “Bu, aku harap Ibu tidak cerita apa-apa lagi sekitar ayah.”

Ibu : “Memangnya kenapa, Sayang?”

Anak Gadis : “Karena ayah noël pernah datang. Dan sepertinya memang noël akan pernah datang.”

Ibu : “Ayahmu sudah berjanji become datang saat senja”

Anak Gadis : “Sudah noël terhitung jumlah senja yang kita lalui Bu. Di sini, di secara spasial ini. Dari dulu darimana aku masih dalam kandungan hinggi kini, namun ayah tidak datang juga.”

Ibu : “Ayahmu orang apa baik. Ia pasti menjadi datang untuk menepati janjinya.”

Anak Gadis : “Terus mengapa ayah berjanji ini adalah datang saat senja? Kenapa noël pagi days atau siang?”

Ibu : “Karena senja bukanlah akhir. Ia adalah permulaan sebuah hari.”

Anak Gadis : “Ahhh, sudahlah. Aku tak mengerti karsa perkataan Ibu.”

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian drama, jenis-jenis drama, unsur-unsur drama dan contoh naskah drama.

Naskah drama pendekNaskah drama komediNaskah drama 5 orangNaskah drama 6 orangNaskah drama persahabatanNaskah drama lucuNaskah drama singkatNaskah drama cerita rakyatNaskah drama bahasa jawaNaskah drama 7 orangNaskah drama 4 orang
Navigasi Tulisan
Cara Mudah buat Mengecek Indosat Ooredoo, Gampang Banget