ThrottlePosition sensor atau TPS terpasang di throttle tubuh serta selalu berhubungan dengan throttle valve atau katup gas. SensorTPS ini berfungsi buat mendeteksiperubahan lokasi dari throttle gasdan then akan merubahnyamenjadi sinyal elektrik yang nantinya ini adalah dikirim ke ECU seperti salah satusinyal pintu masuk atau masukan. Selain fungsi utamanya tersebut, ECU also memfungsikan TPS untukmemberikan informasi circa beberapa hal, yaitu :
Engine modeketika lokasi throttle gas menutup (pada berposisi idle/ stasioner), setengah membuka,dan selama membuka penuh.Digunakan seperti kontrol emisi saatposisi throttle gas terbukapenuh dan diatas saat switch ACmati.Sebagai koreksi perbandingan campuranudara dan nyata bakar.Sebagai koreksi maju tenaga padamesin.Sebagaikontrol penghentian bahan bakar selagi mesin pada posisi deselerasi.

Anda sedang menonton: Fungsi sensor tps mio m3


Karena adanya informasi apa didapatkanoleh ECU seperti yang disebutkan di atas, maka pada saat kemudian diharapkan kinerjamesin dapat dimaksimalkan. Ciri-ciri dari sensor TPS ini adalah selalu beradadisamping accelerator valve atau katup gas. Perubahanbesarnya sinyal voltase output atau tegangan keluar sensor tergantung dariposisi bukaan accelerator valve.TPS apa sering dipakai diatas kendaraan injeksi adalah model variabel resistordan kandungan point.
TPS model variabel resistor ini menggunakanresistor kemudian perubah besarnya sinyal tegangan output sensor, sensor inimenggunakan tiga kabel yaitu kabel voltase memasukkan (VC), kabel voltase output(VTA) dan kabel massa (E2). Tegangan yang tangan kedua pada sensor TPS modelvariabel resistor ini benefit tegangan dari ECU sebesar 5 voltage.
Perbandingan antara bukaan throttle gasdengan besarnya voltase yang dikeluarkan oleh sensor TPS ini adalah berbandinglurus, dan kecepatan antara bukaan throttle gas dengan resistansi atautahanannya berbanding terbalik. Selagi posisi idle tegangan apa dikeluarkan sensor TPS ini adalah antara 0,6- 0,9 volt, sedangkan selagi throttle valve terbuka full maka voltase yangdikeluarkan sensor TPS ini adalah antara 3,5 – 4,7 volt. Karena memperjelasnya,maka dapat dilihat pada cat, dll di bawah kyung diagram kelistrikan TPS modelvariabel resistor.

Lihat lainnya: Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Halaman All, 7 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung


*

Sensor TPS model kontak point ini berfungsiuntuk mendeteksi perubahan dari bukaan throttlegas dan terminal yang digunakan pada sensor TPS tipe kandungan point jugasama dengan dengan sensor TPS tipe variabel resistor yaitu mencapai menggunakantiga kabel antara go terminalIDL, PSW serta E1. Pendeteksian sensor TPS tipe kontak point ini hanyadilakukan di ~ saat throttle valve pada posisi 0o– 5o sebagai posisi idle dan terminal kabel pada sensor TPS yang terhubungadalah terminal IDL menjangkau terminal E1sebagai lokasi putaran idle dansaat kendaraan melakukan deselerasi. Ketika posisi throttle valve antara 6o – 49o , makakontak point di ~ sensor TPS ini tidakterhubung, sehingga ECU ini adalah mendeteksi posisi ini seperti putaran menengah. Sedangkan kapan throttle valvemembuka dari 50o sampai throttle valve tergantung penuh, makaterminal di atas sensor TPS apa terhubung adalah terminal PSW dan terminal E1.Pada posisi ini ECU menjadi mendeteksi lokasi dari TPS ini sebagai putaran tinggiatau jenuh load. Dibawah iniditunjukkan diagram kelistrikan sensor TPS tipe kandungan point.