Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate start dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih kawanan lagi.


Anda sedang menonton: Hadits shahih tentang shalat dhuha

*

*

*
*
*

*
Perbesar
Sholat Dhuha adalah ibadah apa dilakukan dalam waktu dhuha, yaitu ke matahari terbit dan dahulu matahari berada benar di overhead kepala. Meski hukum sunnah, sholat Dhuha sangat dianjurkan melalui Rasulullah.
Hal ini benar dengan hadist Riwayat Bukhari dan Muslim. "Kekasihku Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku menjangkau tiga perkara. (1) puasa tiga days dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir silam tidur."
Nabi Muhammad menganjurkan sholat Dhuha bukan tanpa alasan. Itu buat ada berbagai keutamaan dalam Sholat Dhuha yang perlu diketahui setiap muslim. Berikut adalah penjelasannya:
Allah SWT disebut akan mengampuni dosa-dosa umat-Nya yang senantiasa bekerja sholat dhuha. Chapter ini tercantum dalam hadis riwayat Tirmidzi:
"Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha mencapai langgeng, menjadi diampuni dosanya melalui Allah, sekalipun dosa menyertainya sebanyak buih di lautan."
Dengan diperkerjakan sholat dhuha dua rakaat, seorang muslim dianggap telah melakukan sedekah dengan nilai yang besar. Sebagaimana termaktub batin Hadis Riwayat Bukhari:


Lihat lainnya: Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Sd Dan Mi, Top Pdf Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 5

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kami wajib telah terjadi sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan tergantung berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)