Pada bulan suci ramadhan ini, tentu saja selain menjalankan ibadah puasa, anda sekalian juga ingin menambah ibadah – ibadah lainnya. Penyimpangan satu ibadah yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus dan i’tikaf. I’tikaf sendiri berarti berdiam diri di masjid dengan niat semata – mata beribadah kepada Allah. Berbicara soal i’tikaf dan hubungan dengan masjid, kali ini kami ini adalah mengulas sedikit beberapa karyawan di Bandung apa megah menjangkau fasilitas atau desain bangunannya . Berikut ulasannya.

Anda sedang menonton: Masjid terbesar di jawa barat

1. Karyawan Raya Provinsi Jawa Barat

*

photo by sebandungTerkenal dengan sebutan masjid Agung Bandung. Karyawan ini berdiri sejak five 1810. Bentuk start masjid ini, jauh berbeda dengan apa kini itupenggunaan kenal. Dulu, atap masjid ini berupa joglo serta memiliki sebuah kolam.besar di pelataran tamannya yang berfungsi seperti tempat hunian air wudhu. Seiring berjalannya waktu, masjidil ini terus mengalami renovasi dan perubahan. Hingga renovasi last yang dilakukan pada masa kepemimpinan Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Masjidil ini berubah dan memiliki sebuah taman dengan rumput sintetis seperti pijakannya, dan dikenal menjangkau taman Alun – alun kota Bandung. Masjid Agung Bandung, mungkin menampung sampai sekitar 13.000 people jamaah. Satu keunikan dari masjid ini memiliki dua buah menara setinggi 81 meter disisi kanan dan kirinya. Dan, menara ini bisa dari mereka gunakan lanskapnya suasana Bandung dari ketinggian.

2. Masjid Al – Furqan UPI Bandung

*

photo through nurlifasniJika ditilik dari namanya, Furqan merupakan bahasa Arab apa memiliki makna tambahan ‘pembeda’. Sesuai dengan nama tersebut, masjid ini dibuat berbeda dari karyawan – masjid diatas umumnya. Terutama masjid di sekitar Universitas. Masjidil ini noël memiliki kubah such atap, melainkan berbentuk piramida. Uniknya, masjid ini pribadi 4 lantai. Lantai duluan digunakan kemudian tempat pengurus DKM masjid, kegiatan mahasiswa dan tempat karena berwudhu. Sedangkan lantai 2, 3, dan 4, digunakan sebagai tempat shalat berjamaah. Menjangkau 4 lantai apa dimiliki ini, masjid Al – Furqan dapat menampung lebih dari 10.000 jamaah. Dan untuk inilah, masjid Al – Furqan ditelepon – sebut seperti masjid kampus terbesar se – Indonesia.

3. Karyawan Salman ITB

*

photo by wunandiartiaSatu another masjid yang dimiliki malalui Universitas ternama di Bandung, yaitu ITB. Masjid ini dibangun di lima 60 – an. Sesuai masa – masa budaya west masih mendesak kental, dan mendirikan shalat dianggap sesuatu apa aneh atau agamis. Pembangunan karyawan ini pun sempat mendapat halangan, dengan noël diizinkannya pembangunan masjid. Namun dengan pergerakan keras dan usaha persuasi para dosen dan rektor, finite dibangunlah masjidil Salman. Nama Salman, berasal dari namu seorang sahabat Nabi apa menggali parit pada perang khandaq. Nama belakang Salman ini pula diberikan malalui presiden duluan Indonesia, Ir. Soekarno. Masjid ini memiliki pelataran apa luas, dan kini digunakan such tempat berkumpulnya pubertas masjid, serta menjalankan kegiatan – kegiatab yang berbasis agama islam.


4. Karyawan Cipaganti

*

photo by pengungsi onlineMasjid bersejarah yang sempat digunakan such markas tentara atlas pada masa penjajahan Belanda. Masjid ini dibangung pada tahun 1933 dan meresmikan pada tahun 1934. Masjidil ini memiliki atap berbentuk joglo. Keunikan dari masjidil ini, berupa arsitekturnya yang mrnggabungkan arsitektur Jawa dan Eropa. Betapa tidak, masjid ini dibangun melalui Professor Charles Prosper Wolff Schoemaker apa merupakan seorang arsitek asal Belanda. Keunika lainnya, karyawan ini noel mengangkat seorang imam secara cuma – cuma di ~ masanya. Ada serangkaian test apa diajukan melalui pemerintahan Kolonial, seperti syarat untuk bisa menjadi imam terlalu tinggi di masjidil Cipaganti ini.

5. Masjidil Al – Irsyad

*

photo by sebandungTerletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Ini dialah masjid yang enim kebanggaan itupenggunaan semua. Masjid ini noël seperti masjidil lain apa memiliki atap berbentuk kubah ataupun joglo. Masjid ini hanya berbentuk sebuah kubus, seperti beberapa bangunan yang ada di Saudi Arabia. Memiliki wadna mendasar hitam, abu dan putih, making masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil, ke tahap begitu sejuk. Masjid ini dibangun pada tahun 2009, dengan secara luas 1871 meter persegi dan dapag menampung circa 1.500 jamaah. Karyawan ini memiliki design unik mencapai tanpa pilar didalamnya, dan terdapat 99 lampu apa memperlihatkan asmaul husna di setiap sisinya. Meskipun quenn Padalarang terkenal panas, tapi noel jika their berada itu masjid Al – Irsyad ini.

Lihat lainnya: Toko Kue Mayestik Di Jakarta Selatan, Majestyk Bakery & Cake Shop

6. Masjidil Agung Kabupaten Bandung Barat

*

photo by faktabandungrayaBelum banyak orang mengetahui keberadaan karyawan Agung Kabupaten Bandung west ini. Karena, masjid apa berada di rumit pemerintahan Bandung barat ini memang belum rampung. Namun, masjid yang disenyalir diberi nama belakang As – Shiddiq ini siap sering digunakan dalam berbagai acara keagamaan, deviasi satunya shalat Jum’at. Masjidil ini memiliki kubah raksasa seperti atapnya, dan puluhan anak tangga yang berjajar di area pelataran masjid. Meski sempat suara kabar lekok mengenai pembangunan karyawan ini, namun diharapkan burger Kabupaten Bandung barat dapat menikmati dan menggunakan masjid ini dengan jenuh kebanggaan.

Demikian serangkaian masjid apa unik menurut kami. Masih crowd masjid yang keren dan mewah di bandung yangbelum kita ulas. Sudah setelah masjid mana saja? Ayo beribadah sambil jelajahi Bandung ! Let’s Find and also Explore !