Setelah mempelajari pela-jaran ini, kita diharapkandapat memberikan contohsederhana pengaruh globa-lisasi di lingkungannya,mengidentifikasi jenis bu-daya Indonesia yang pernahditampilkan dalam misihadap globalisasi di ling-kungannya.

Anda sedang menonton: Materi globalisasi kelas 4 sd

Kata Kunci

Globalisasi, teknologi,komunikasi, informasi,gaya hidup, keberagam-an budaya, dkeberagam-an pelestari-an biakan nasional.

Sikap terhadap globalisasi- menerima kerusakan positif- militer mencintai budaya Indonesia- memperkenalkan budaya Indonesia

PetaKonsep

GlobalisasiDampak globalisasi

- gaya hidup- sandang - pangan- teknologi insula dan

komunikasi- transportasi- nilai dan tradisi


(2)

Pendahuluan

Sumber: Kompas

Setiap bangsa di dunia saat ini, noël dapat hidup sendiri dan salingmempengaruhi. Keadaan ekonomi dan politik suatu country dapatmempengaruhi keadaan ekonomi dan politik negara lainnya. Bab tersebutmenunjukkan bukti adanya mengolahnya globalisasi. Tentu saja kalian seringmendengar kata globalisasi disebutkan, tapi tahukah kami apakah artiglobalisasi?

Pada Pelajaran 4, kalian become mengenal pengertian globalisasi, alasanterjadinya globalisasi, kerusakan globalisasi, serta sikap kalian terhadapglobalisasi. Kalian ini adalah mengenal di mana globalisasi dapatmemberikan dampak nanti dalam kehidupan sehari-hari kemudian gaya hidup,sandang-pangan, teknologi insula dan komunikasi, transportasi, sertanilai dan tradisi.


(3)

Jika kalian mendengar kata globalisasi, maafkan saya yang terlintas di benak kalian? Televisicanggih, telepon seluler, pesawatnya supersonik, dan internet, deviasi satunya tentuterpikirkan melalui kalian. Akibat apakah globalisasi tersebut? Mengapadengan adanya globalisasi, dunia yang sebenarnya sangat luas ini terasa menjadisemakin sempit buat informasi apapun dari belahan dunia manapun dapatsampai ke telinga kita batin hitungan senin saja?

Nah, batin pelajaran 4 ini, kita ini adalah mempelajari kyung globalisasi.

A. Arti Globalisasi

Gambar 4.1 Menurut Bu Guru, kemajuan

teknologi merupakan deviasi satu penyenanglobalisasi.

“Baiklah anak-anak, kalian sudah ibu tugaskan untuk membawa gambarcontoh sasaran teknologi. Silakan disiapkan. Nadya apa yang kamu bawa,” kataBu Susan. Then Nadya memperlihatkannya sambil menjawab, “Sayamembawa lukisan telepon seluler, Bu!”

Bu Susan kembali bertanya, “Menurut kalian dengan adanya telepon seluler,apa apa bisa kita dapatkan dari telepon seluler?” Nadya segera menjawab,“Menurut saya, saya enim bisa menghubungi keluarga apa ada luarnya pulaudan luar negeri mencapai mudah. Selain itu, kita also bisa mengirimkan pesanlewat layanan berita pendek mencapai cepat. Pokoknya memanggang lebih menyudahi Bu!”Bu Santi then menjelaskan kembali, “Telepon seluler adalah deviasi satucontoh dari progress teknologi, apa bisa menghubungkan kita mencapai oranglain dari jarak yang jauh. Contoh kemajuan teknologi lainnya such internetjuga sanggup menghubungkan ke negara lain tidak punya batas times dan tempat.

Adanya teknologi seperti telepon seluler, internet, dan lain-lain menjadikansemuanya menjadi lebih mudah buat saling berkomunikasi. Evolusi teknologiini merupakan penyebab

berkem-bangnya globalisasi. Globalisasimenjadikan perubahan kehidupanmasyarakat lebih mendunia, tanpamengenal batas wilayah.


(4)

negeri Cina dan India bisa ~ mengenal negara lainnya dengan cara berdagangdari satu tempat nanti tempat lain. Baik melalui daratan maupun lautan, walaupundengan alat yang masih sederhana, misalnya dengan benefit kudaataupun perahu apa memerlukan waktu yang lama.”

Semakin lama tool transportasi semakin berkembang. Awal daripenggunaan kuda then berkembang sampai menjangkau penggunaan mobil.Jarak antarsatu negara setelah negara lain menjadi terasa dekat denganmenggunakan berinvestasi dibandingkan dengan menggunakan kapal lautyang butuh waktu apa lebih lama.

Dengan adanya alat transportasi apa semakin baik, mempermudah kitauntuk bisa berhubungan dengan setiap orang lain, tanpa harus kegelisahan apakah tempattinggalnya berada di pulau lain atau pun negara lain. Bab ini tambahan mempermudahkita untuk mendapatkan goods kebutuhan apa berasal dari luar negeri.Para pedagang lebih mudah buat memasarkan barang-barang dari satu negarake country lain mencapai penggunaan alat transportasi yang lebih canggih.

Ada yang memandang globalisasi such suatu proses sosial, atau prosessejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh negara dannegara di world makin terikat satu kesamaan lain. Tujuannya untuk mewujudkansatu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi denganmenyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat.

Jawablah usulnya berikut ini menjangkau benar!1. Berikan contoh teknologi transportasi!

2. Manfaat apa yang kamu rasakan mencapai adanya progress teknologikomunikasi?

3. Coba membandingkan 1 contoh teknologi sederhana dengan teknologi yangcanggih!

4. What yang kamu ketahui circa globalisasi?5. Apakah globalisasi mungkin dicegah?

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

T

T

T

T

Tahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian


(5)

Gambar 4.2. Perkembangan alat transportasi semakin canggih, mulailah dari kuda, mobil,

sampai pesawat terbang yang tangan kedua manusia.

Sumber: encarta 2005

Gambar 4.3 perkembangan telekomunikasi mulai dari pos surat, telepon biasa, sampai

telepon seluler.

Sumber: Katalog HypermartSumber: CD. Image

Sumber: encarta 2005

Kemudahan karena berhubungan menjangkau orang-orang yang berada jauhjaraknya tidak just lewat alat transportasi saja. Kemudahan ini ditunjangjuga karena berkembangnya alat

komunikasi. Untuk bisa menghubungisaudara kita yang berada di negaraJepang, kita tidak harus menunggusampai mayoritas hari, tetapi dapatlangsung menyampaikan lewat telepon.Sebelum berkembangnya telepon, untukbisa menghubungi seseorang yangberada jauh, yaitu menjangkau menggunakan

surat lewat pos. Akan tetapi, mencapai Gambar 4.4 Satelit transmisi mendesak bergunabagi perkembangan teknologi telekomunikasi.


(6)

semakin berkembangnya alatkomunikasi sebagai adanya teleponseluler, komputer, atau pun internetlebih itu mudah kita karena bisaberhubungan pelubangan jauh.

Kemajuan teknologi transportasidan komunikasi menjadikan batas-batas dan jarak dulu hilang dan takberguna. Social dengan mudahdan cepat mendapatkan insula darinegara-negara di dunia karenakemajuan teknologi.

Hal-hal tersebut mempercepat berkembangnya globalisasi.

Peningkatan interaksi budaya melalui development media massaterutama televisi, film, musik, dan transmisi news dan latihan raga internasionalsecara sadar ataupun tidak disadari akan berpengaruh terhadapmasyarakat Indonesia. Pengalaman baru mengenai hal-hal apa melintasiberaneka ragam budaya become tumbuh dan chapter ini mengarah diatas kehidupanmasyarakat global. Misalnya, jenis-jenis makanan, pakaian, barang-barangkeperluan rumah tangga, dan lainnya yang berasal dari bangsa lain akansangat mudah kita temui di tentang kita. Atau pun, kita terbiasa bertemudengan orang-orang dari negara lain di tempat kita individu dan juga kitabisa berada di luar negeri menjangkau lebih mudah.

1. Arti Globalisasi

Jika dilihat dari tale tadi, dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalahproses selama dunia dulu seragam karena terhapusnya identitas dan jatidiri. Contohnya, kematangan ini, social lebih mengenal budaya yangsudah mendunia seperti dansa dibanding kebudayaan dium seperti jaiponganataupun apa lainnya.

Perkembangan teknologi yang terjadi di dalam globalisasi memunculkanbanyak alat-alat progresif yang kemudian menjadi suatu kebutuhan bagimasyarakat di seluruh dunia. Contohnya, televisi dan mobil yang memudahkanmanusia di dalam berkomunikasi dan bepergian. Mencapai semakin canggihnyabenda-benda tersebut, pelubangan dan waktu semakin pendek. Inilah yangdimaksudkan bahwa globalisasi dapat “memperkecil dunia”.

Gambar 4.5 Hampir people memiliki

telepon seluler. Kamu dan teman-teman disekolah membutuhkannya untuk


(7)

2. Alasan Globalisasi

Tuhan memberikan nalar pikiran apa sempurna buat manusia yangmembedakan manusia dengan mahluk lainnya. Kesempurnaan nalar dan pikiranmanusia tersebut menyebabkan manusia selalu bertanya-tanya kyung hal yangtidak dimengerti yang terjadi di sekeliling mereka. Misalnya, what yang harusdilakukan buat mencapai jarak yang jauh batin waktu yang singkat? Adakahcara untuk menyampaikan berita dengan cepat? Bisakah manusiamenginjakkan feet di Bulan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut menyebabkanberbagai penelitian dilakukan sehingga memunculkan berbagai penemuan, baikilmu pengetahuan maupun alat-alat yang dapat sederhana kehidupanmanusia. Semakin lama, pengetahuan manusia pun semakin berkembang danberbagai tool canggih pun tercipta.

Perkembangan berbagai macam ilmu pengetahuan sepertiperekonomian, informasi, telekomunikasi, dan transportasi inilah yangmerupakan bangsaaksi adanya globalisasi.

Bisa dikatakan, proses globalisasi noel akan pernah berhenti selamamanusia masih ada. Selain hal positif apa kita peroleh mencapai adanyaglobalisasi ini, chapter negatif pun tidak dapat kita hindari.

3. Dampak Globalisasi

Adanya globalisasi menimbulkan kerusakan terhadap kehidupan, di antaranyagaya hidup, sandang pangan, teknologi insula dan komunikasi, sertatransportasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita pelajari uraian berikut.

a. Gaya Hidup

Sebagai tabrakan dari adanya globalisasi maka tuntutan dunia akankemampuan individu yang ada di dalamnya juga semakin bertambah. Makadari itu, terjadi perubahan kyung pendidikan di di dalam masyarakat.


(8)

Namun, seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan teknologi, haltersebut sudah noël berlaku lagi. Masyarakat petani sekarang noel puas denganhanya memakai tool dan pengetahuan yang seadanya. Kerumunan penemuan-penemuan secara signifikan di world pertanian apa jika kita tidak mempelajarinya, kitaakan mendesak tertinggal dengan yang lain. Karena itu, mereka berlomba-lombamenggali ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat lebih meningkatkan produksimereka secara kualitas dan kuantitas. Toolkit sederhana pun awal ditinggalkandan ganti itu dengan toolkit pertanian apa canggih dan modern.

b. Sandang dan Pangan

Globalisasi menyebabkan human harus bergerak dengan cepat. Merekaseolah noël ingin dikalahkan malalui waktu apa terus berdetak. Waktu adalahsatu bab yang noël boleh disia-siakan. Di zaman muncul ini, siapa yangmenyia-nyiakan waktu maka dia akan kalah dalam persaingan.

Hal ini berpengaruh tambahan pada mengganggu sandang dan pangan yangdigunakan oleh manusia. Pakaian yang mudah dipakai dan makanan apa bisadengan cepat tersedia adalah peluang pertama di era globalisasi ini. Selain itu,pemakaian pakaian khas Indonesia sebagai batik ataukah merek-merek bergaul sudahberganti dengan pakaian ala barat such jeans dan merek-merek luar negeri.Celana panjang yang dahulu sangat langka dipakai oleh wanita sekarang justrumenjadi opsi pertama buat dianggap lebih sibuk dan lebih memudahkanuntuk bergerak cepat dibandingkan mencapai rok ataukah gaun.

Begitu juga dengan makanan, kini makanan-makanan cepat saji banyakbermunculan. Makanan apa dulunya just ada di dunia west kini siap menyebardi seluruh dunia termasuk di

Indonesia. Hampir di setiap kotaterdapat restoran yang menyajikanmakanan types ini dan semakin lamasemakin digemari menjangkau alasanyang sama, cepat dan praktis. Kitahanya tinggal pesan dan batin waktukurang dari five menit makamakanan tersebut siap siap kitasantap. Padahal jika dilihat dari segikesehatan, makanan cepat sajidianggap such makanan yangtidak sehat.

Gambar 4.6 Makanan west cepat saji saat ini bisa

dibeli di menjelaskan cepat saji di dekat rumahmu.


c. Teknologi insula dan Komunikasi

Semakin days teknologi insula dan komunikasi semakin canggih. Jika dulumasih sulit buat mengadakan siaran segera di televisi, sekarang halaman itubahkan mungkin dilakukan setiap aku sehingga kita mungkin menonton pertandinganliga Inggris apa berlangsung di Eropa batin waktu yang bersamaan dengankejadian apa sebenarnya. Koran, majalah, televisi dan radio, mungkin mendapatkanberita terkini just dalam times beberapa senin saja dari peristiwasebenarnya terjadi. Informasi pun semakin cepat menyebar. Masyarakat dapatsegera melihat, mendengar, dan mengetahui berbagai peristiwa apa terjadidari berbagai penjuru world termasuk gaya hidup.

Masing-masing doan masyarakat tentu saja memiliki gaya hidup yangberbeda. Tayangan-tayangan televisi dan berita-berita di radio serta majalahdan koran sering menayangkan gaya lives suatu masyarakat sehingga gayahidup apa dianggap sudah maju dan modernis dapat mencapai cepat pula ditiruoleh masyarakat lain.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, kita pun dapatmelakukan percakapan dengan setiap orang lain di belahan dunia lain tanpa harus beranjakjauh dari ruang angkasa kita berada. Jika dahulu, untuk menyampaikan pesan denganmenggunakan jasa kurir pembawa pesan atau jasa pos diperlukan waktuberhari-hari. Maka saat ini, menjangkau kecanggihan teknologi internet sepertisarana email, chatting apa dilengkapi webcam (kamera). Kamu dapat berbicarabertatap maju dengan orang apa berada kurang sopan dari kita. ~ sekarang,telepon seluler (ponsel) noël saja berguna untuk percakapan suara, tapi juga denganponsel apa canggih itupenggunaan dapat sekaligus menikmati segala macam insula dariseluruh penjuru dunia.

d. Transportasi


Dapatkah kami bayangkan berapakecepatan pesawat terbang concord apa dapatmelintasi setengah belahan dunia inihanya dalam waktu kurang dari 1 hari?Perjalanan ke luar ruang angkasa pun bukanlagi hal apa aneh sekarang ini. Bahkan,sudah ada beberapa manusia yangsanggup untuk tinggal di luar angkasaselama lebih dari satu minggu.Menakjubkan, bukan?

4. Nilai dan Tradisi

Dengan adanya globalisasi, banyak pengeluaran dan tradisi Indonesia apa mulaitergeser dan crowd dilupakan. Chapter ini mendesak disayangkan untuk nilai dantradisi adalah warisan leluhur dan merupakan properti yang noel ternilaiharganya. Contohnya, dahulu wanita Indonesia sangat shang memakai kebayaatau diasuh riasan rambut sanggul kemudian riasan sehari-hari. Tapi sekarang,hal ini jarang dilakukan. Para feminin lebih suka memotong pendek rambutnyadan pakai celana panjang, atau pakai pakaian “harajuku style” danpakaian ala barat yang serba mini yang dianggap lebih modern. Padahal bagimasyarakat yang memegang teguh nilai masyarakat, pengeluaran agama, dan tradisi,berpakaian mini termasuk chapter yang noël boleh dilakukan dan dianggap sebagaipelanggaran.

Jawablah pertanyaan berikut ini mencapai benar!

1. Sebutkan contoh progress teknologi di circa rumahmu!2. Apa manfaat dari segala kemudahan berkomunikasi?

3. Koknya kamu bisa ~ mendapatkan informasi terbaru dari bangsa lain?4. Hal-hal apa sajakah yang bisa berpengaruh terhadap berkembangnya

globalisasi?

5. Apa sajakah yang bisa dipengaruhi globalisasi terhadap kehidupanmasyarakat?

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Gambar 4.7 bepergian antarnegara yang

dahulu ditempuh di dalam waktu berhari-hari.Dengan adanya cerebral kini bisa

ditempuh dalam waktu mayoritas jam.


Kebudayaan Indonesia harus diperkenalkan di mancanegara, caranya selainmelalui usaha melestarikan biakan sendiri di dalam negeri tambahan denganmemperkenalkannya kepada social internasional agar keberadaannyadi era globalisasi noël tergeser oleh budaya asing. Otoritas Indonesia harusselalu menyumbangkan misi budaya tersebut. Contohnya, mencapai caramendukung para seniman dan budayawan Indonesia nanti luar negeri, sepertipara penari Bali apa memeriahkan gerai Indonesia di dalam pameran pariwisata“Internationale Tourismus Boerse” di Berlin, Jerman, Rabu (5 Maret 2008).

Melalui Kedutaan terlalu tinggi Indonesia, negara kita juga dapat mempromosikankebudayaan berupa seni tinh Indonesia, seperti teater, tari, film, dan karya sastralain buat tampil di luar negeri. Tujuannya agar country lain tidak hanya mengenalIndonesia dari sisi negatifnya such kemiskinannya atau tingkat korupsinya tetapibiasa juga mengenal nilai-nilai budaya, bahasa, apa kaya. Buat itu, perludidirikannya pusat-pusat budaya Indonesia yang memudahkan para senimandan budayawan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.

Untuk meningkatkan hakatt kita di mata internasional, bangsa kita sendiri harusmerasa bangga. Menjangkau demikian, kesan aktif akan terpancar dan bangsa laindi luar negeri mengakui keberadaan budaya kita dan dapat menghargai sesuainilai budaya kita apa tinggi dan beraneka ragam. Buat itu, kalian kemudian siswaIndonesia harus mulai mempelajari kebudayaan apa saja apa dimiliki bangsaIndonesia, untuk merasa bangga karenanya, serta melestarikannya sehinggadikenal melalui generasi terdekat dan oleh negara lain.

B.

Misi kebudayaan Internasional

Bandingkan progress teknologi silam dengan sekarang. Mintalah bantuanorang tuamu karena mengetahui teknologi di atas masa kecil orang tuamu,kemudian membandingkan dengan teknologi sekarang! Kamu sanggup membuatpapernya secara perorangan. Hasilnya collected kepada gurumu!

T

T

T

T

Tugas

ugas

ugas

ugas

ugas

No. Jenis Teknologi Teknologi di atas masa Teknologiorang perilaku kita kecil sekarang

1. Komunikasi


Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Jawablah pertanyaan berikut ini mencapai benar!

1. Apakah yang dimaksud mencapai misi kebudayaan?

2. Tipe kebudayaan apa saja apa dapat ditampilkan melalui misikebudayaan?

3. Koknya seharusnya sikap pemerintah di dalam melestarikan

kebudayaan Indonesia di era globalisasi?

4. Apakah yang harus kamu lakukan karena melestarikan kebudayaanIndonesia di era globalisasi?

5. Mengapa kita perlu melakukan misi kebudayaan internasional?

T

T

T

T

Tugas

ugas

ugas

ugas

ugas

Secara berkelompok, kunjungilah sebuah markas besar kebudayaan terdekat.Apabila noël ada carilah insula sebanyak-banyaknya dari internet,mengenai budaya Indonesia apa menarik dan haruss diperkenalkanmelalui misi budaya internasional. Kumpulkan juga gambar-gambaryang mendukung. Hasilnya kumpulkan kepada gurumu!

Misi kebudayaan Indonesia di luar negeri, antara laindengan saran kesenian Angklung setelah berbagainegara. Misi ini dilakukan melalui Udjo Ngalagena melaluilembaga kesenian Saung angklung Udjo. Saung AngklungUdjo pernah mengadakan promosi pariwisata di London(1955), melatih cara memainkan menjawab di Argentina(2000); teori di Fukuoka Jepang (2001); mengisiacara Sound of Bamboo di Kinabalu, Malaysia (2002).

T

T

T

T

Tahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

?

Sumber: angklung-web-institute.com

Gambar:


C.

bagaimana Menentukan postur Terhadap Pengaruh

Globalisasi

“Setelah kalian dengar penjelasan kyung globalisasi tadi, apakahglobalisasi menyertainya mempunyai pengaruh negatif atau positif?” Adi tangga berjalan tangandan menjawab, “Menurut saya Bu, globalisasi itu mempunyai pengaruh positifdan negatif, misalnya kita were lebih mudah mengetahui perkembangan diluar negeri dan mungkin bisa saling bersahabat dengan ekspat melalui suratelektronik. Tapi ada also pengaruh jeleknya, kemudian mengikuti biakan asing yangmasuk nanti Indonesia, tetapi tidak sesuai dengan pekerti bangsa.”

Bu Santi kembali menjelaskan, “Memang betul globalisasi mungkin berdampakbaik atau pun negatif. Globalisasi berpengaruh di atas masyarakat Indonesia. Mulaidari gaya hidup, pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Anak-anak zaman sekarangbisa mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan menciptakan teknologicanggih dari luar negeri dengan mendesak mudah. Chapter ini berpengaruh terhadapgaya hidup, makanan, pakaian, dan lain-lain. Misalnya, kesukaan memakanmakanan hasil menangani dari produk luar negeri dan keinginan untuk meniru gayaberpakaian ala barat, walaupun belum tentu benar dengan karakter bangsaIndonesia. Selain itu, biakan luar memasukkan secara perlahan setelah dalam pola pikir,seperti tarian-tarian modern lebih subur di kalangan anak-anak remajadibandingkan mencapai tarian quận seperti jaipongan dan tari merak.

Baik atau pun buruknya pengaruh globalisasi bergantung di ~ bagaimanakita menghadapinya. Misalnya kemudian internet, internet merupakan salah satukemajuan teknologi yang sangat berpengaruh geram terhadap globalisasi. Informasibaik dari di dalam negeri maupun luar

negeri dulu lebih mudah dancepat didapat oleh internet.Tinggal kita apa memilih, informasiapa apa akan kita perlukan. Kitabisa memulai mencapai mengambilmanfaat apa bisa mengakuisisi danselalu berpedoman di atas ajaranagama untuk bisa membatasi dirikita dari pengaruh-pengaruh yangtidak baik.

Gambar 4.8 orang dapat menjangkau mudah


Pengaruh globalisasi sanggup menyebabkan kita terlupakan dengan budaya kitasendiri. Untuk itu, kami harus lebih mencintai budaya Indonesia apa kaya danberaneka ragam. Selanjutnya, ikutilah penjelasan such berikut.

Budaya Indonesia

Globalisasi sangat berpengaruh terhadap kelestarian budaya bangsa kita.Globalisasi memengaruhi social Indonesia hampir di seluruh aspekkehidupan, di antaranya adalah aspek budaya.

Indonesia merupakan bangsa kepulauan, apa terdiri overhead pulau-pulaubesar dan kecil sehingga tidak akan terpukau apabila kita juga mendengar terdapatbanyak kesukuan bangsa, agama, dan kepercayaan yang berbeda dari berbagaipulau-pulau di Indonesia, such suku Batak, Minangkabau, Sunda, Betawi,Globalisasi membawa perubahan terhadap kehidupan sosial baik itupengaruh positif atau pun negatif. Teknologi merupakan halaman yangmenyebabkan berkembangnya globalisasi. Tulislah teknologi yang ada dirumahmu! kemudian berikan pula pendapatmu kyung pengaruh active dannegatif dari teknologi tersebut! Hasilnya dikumpulkan kepada gurumu!

T

T

T

T

Tugas

ugas

ugas

ugas

ugas

No. Teknologi yang Pengaruh Pengaruh

Ada di Rumah Positif Negatif

Jawablah bertanya berikut ini mencapai benar!

1. Apakah pengaruh globalisasi selalu berdampak positif? Jelaskan!2. Berikan contoh tabrakan globalisasi batin kehidupan sehari-hari!3. Berikan contoh pengaruh globalisasi apa berdampak positif dalam

kehidupan sehari-hari!

4. Apakah kita bisa ~ mencegah impact negatif dari globalisasi?5. Jika ya, di mana caranya?


Gambar 4.9 Kekayaan budaya Indonesia cerminan dari beraneka ragamnya pakaian

adat dari berbagai suku country di Nusantara.

Sumber: CD. Image

Jawa, dan Dayak. Masing-masing suku negara tersebut memiliki biakan yangberbeda-beda.

Satu kesukuan dengan suku negara lainnya mempunyai bahasa menyiksa danbudaya apa berbeda. Dari pakaian adat yang mereka pakai, kita dapatmengenal asal atau suku country seseorang. Pakaian quenn tersebut antaralain Baju bodo dari Sulawesi Selatan, kain batik dari Jawa, kebaya dari Jakarta(Betawi) dan Jawa west (Sunda), dan baju mengurung dengan songketnya dariSumatra west (Minangkabau).

Selain itu, Indonesia juga memiliki rumah adat yang mempunyai namu danciri khas apa berbeda. Misalnya, rumah gadang dari Sumatra Barat, rumahpanggung dari Jambi, rumah joglo dari Jawa Tengah, ataupun rumah tongkonandari Sulawesi Selatan. Selain akun itu juga, ada berbagai songs daerah, tool musik,makanan khas, ataupun tari-tarian apa merupakan ciri khas dari masing-masingdaerah di Indonesia.

Kebudayaan dapat diartikan kemudian nilai-nilai (values) yang dianut olehmasyarakat ataukah pun tanggapan yang dimiliki oleh warga masyarakatterhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun tanggapan berkaitan denganaspek-aspek kejiwaan/psikologis, yaitu maafkan saya yang terdapat dalam alampikiran. Aspek-aspek kejiwaan ini menjadi penting artinya apabila disadaribahwa tingkah laku seseorang mendesak dipengaruhi oleh maafkan saya yang ada dalamalam ingat orang yang bersangkutan.

T

T

T

T

Tahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian


Perkembangan globalisasi budaya secara ekstrim terjadi di ~ abadke-20 mencapai berkembangnya teknologi komunikasi.

T

T

T

T

Tahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

?

Keberagaman budaya tersebut merupakankekayaan/ budaya nasional Indonesia yang pentingdan were ciri khas negara Indonesia yang harusdipertahankan. Kita bisa ~ mengenal budaya luar negerikarena informasi dari luar usai dalam negeri untuk kita mudahdiperoleh. Di mana dengan biakan bangsa kita.Apakah bangsa lain siap mengenal budaya kita?Hal itu sanggup terwujud jika dari kita sendirimengenalkannya. Caranya antara go denganmenampilkan tarian-tarian quenn atau budayalainnya batin misi-misi budaya nasional diajanginternasional.

Adapun teknologi komunikasi sebagai televisi daninternet, sebagai sarana komunikasi antarbangsayang berkembang pesat menjadikan informasi lebihcepat didapat. Itulah mengapa budaya asing dapat

masuk nanti Indonesia dengan mudah. Demikian pula sebaliknya, bangsa asing bisamengetahui biakan Indonesia dengan menyudahi dan cepat.

Gambar 4.10 Tarian daerah

Nusantara sebagai TariTopeng cirebon perluditampilkan batin misi-misi

kebudayaan luarnya negeri.

Sumber: CD. Image


Jawablah bertanya berikut ini mencapai benar!1. Sebutkan 3 contoh biakan Indonesia!

2. Bagaimana cara untuk kita melestarikan budaya Indonesia?3. Apakah ciri khas bangsa apa harus itupenggunaan pertahankan?4. Apakah budaya asing yang masuk harus dihalangi?5. Sebutkan 2 contoh budaya Indonesia!

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Pahamkah Kalian

Keberagaman budaya daerah di Indonesia merupakan budaya nasionalIndonesia yang penting dan menjadi ciri khas negara Indonesia yang harusdipertahankan. Seberapa besarkah kamu mengenal biakan bangsa sendiri?Tuliskanlah budaya what saja yang kamu ketahui dari daerahmu sendiri!Hasilnya dikumpulkan kepada gurumu!

T

T

T

T

Tugas

ugas

ugas

ugas

ugas

T

T

T

T

Tahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

ahukah Kalian

?

Mengenal Tokoh yang Melestarikan budaya Indonesia!

Martha Tilaar

Martha Tilaar membangun imperium industri jamu dankosmetika berkelas dunia, bermula dari pergilah rumah ayahnya.Dari sebuah salon kecantikan sederhana, berkembangmenjadi Martha Tilaar team (MTG), sebuah grup usahaindustri jamu dan kosmetika mencapai produk merek dagangSariayu Martha Tilaar.

Beliau pernah kuliah kecantikan dan lulus dariAcademy of beauty beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS. Lulusan JurusanSejarah Institut Keguruan dan Ilmu mendidik (IKIP) Jakarta five 1963 iniresmi menaikkan badan usaha pada lima 1971.

Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang “Fashionand Artistry” dari dunia University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984 ini memulaioperasi bisnisnya dari titik nol. Bermula di gara rumah ayahnya YakobHandana, terletak di beraliran Kusuma Atmaja No. 45 Menteng, champa Pusat.

Gambar:


Kosakat a

Kosakat a

Kosakat a

Kosakat a

Kosakat a

globalisasi : proses masuknya setelah ruang lingkup dunia

komunikasi : kiriman dan penerimaan berita antara dua orang atau lebih

informasi : penerangan

Martha memulai periode picu pada lima 1987. Kapan itu, secara cerdikdan unik, ia memopulerkan “Senja di Sriwedari” kemudian tren tata riasbaru, sebuah ide yang diilhami oleh wealth alam dan biakan Indonesia.Sejak itulah Martha Tilaar selalu mempersuntingkan nama belakang tempat danunsur budaya suatu daerah, yang lalu dipadukan dengan kecenderungan busana daerah,ke setiap produk Sariayu Martha Tilaar. Sariayu berhasil ayo panggung sebagaitrendsetter tata rias wajah perempuan Indonesia. Martha Tilaar memang sangatmenghargai produk dalam negeri, misalnya busana daerah. Setiap days iaselalu lekat menjangkau busana buatan di dalam negeri. Ia kerap menggunakankebaya, batik, atau berbagai busana daerah Indonesia.

Sumber: id.wikipiedia.org

1. Perkembangan teknologi, komunikasi, atau pun arus insula yangcepat menjadikan globalisasi berkembang lebih cepat.

2. Globalisasi menjadikan perubahan kehidupan masyarakat lebihmendunia, tanpa mengenal batas wilayah.

3. Perkembangan globalisasi telah berefek gaya kehidupan masyarakat.Perubahan ini bisa melalui cara berpakaian, makanan, budaya, dan lainnya.4. Contoh pengaruh globalisasi di circa kita, yaitu semakin berkembangnyaalat komunikasi dan informasi such telepon seluler, fax, dan internetsehingga mudah kita untuk mengetahui banyak hal lebih cepat.5. Perubahan untuk dampak globalisasi bisa ~ berpengaruh negatif dan

positif. Judul bergantung pada pilihan kita sendiri. Untuk kita bisamengambil hal-hal yang bermanfaat dan menghindari hal-hal apa negatif.6. Dalamity budaya daerah di Indonesia merupakan kebudayaan nasionalIndonesia apa penting dan dulu ciri khas negara Indonesia apa harusdipertahankan. Oleh misi-misi budaya diharapkan bisa ~ melestarikanbudaya nasional Indonesia dan mengenalkannya kepada country lain.

R

R

R

R


Pelat ihan

Pelat ihan

Pelat ihan

Pelat ihan

Pelat ihan

I. Pilihlah salah satu hadiah yang most tepat menjangkau memberi tandasilang (X) pada huruf a, b, c, ataukah d. Kerjakan pada buku tugas kalian!

1. Perkembangan alat komunikasi dan teknologi mempercepat mengolahnya .…

a. Globalisasi c. Kebudayaan

b. Perekonomian d. Kemajuan

2. Deviasi satu tipe teknologi yang bisa mempercepat globalisasi adalah .…

a. Berdagang c telekomunikasi

b. Perindustrian d. Periklanan

3. Globalisasi ditandai mencapai perkembangan .…

a. Komunikasi dan informasi c. Pembayaran di muka ekonomi

b. Hayatnya semakin padat d. Banyaknya pabrik

4. Di bawah ini merupakan dampak active dari televisi yaitu .…a. Informasi teknologi apa cepat c. Lanskapnya kekerasanb. Tontonan film yang kurang baik d. Lanskap kriminalitas5. Budaya nasional seharusnya ….

a. Diawetkan c. Dibiarkan

b. Diingat d. Diubah

6. Sikap yang baik untuk menghadapi globalisasi adalah ….

a. Menyerap semua c. Memilih hal apa bermanfaat

b tidak peduli d. Mengikuti arus

7. Manfaatnya dari adanya telepon seluler adalah ….a. Bisa berbicara dengan santai

b. Mempermudah untuk berbicara tanpa mengenal jarakc. Berbicara dengan tarif apa mahal

d. Omong dengan pelubangan dekat

8. Berikut contoh menyebabkan globalisasi, yaitu ….

a. Anak-anak bermain komputer karena mencari informasi lewat

internet

b. Pak Budi sedang bermain bersama anaknya di page depan

rumah


9. Jono lebih mengenal lagu-lagu lab daripada songs “gundul-gundul pacul”.Hal ini merupakan penyimpangan satu pengaruh globalisasi apa berdampak ….

a. Active c. Negatif

b. Baik d. Menyenangkan

10. Penyimpangan satu sikap untuk menghadapi pengaruh globalisasi apa berdampaknegatif adalah ….

a. Meniru semua budaya asing yang masuk ke masyarakatb. Memilih informasi-informasi yang menyenangkan dari internetc. Salinan hal-hal apa ada di televisi

d. Memilih hal-hal apa bermanfaat dari televisi

II. Isilah titik-titik berikut ini menjangkau benar. Kerjakan pada secara baik tugas kalian!

1. Perkembangan media massa terutama televisi, film, musik, dan transmisiberita dan latihan raga internasional merenggut ataupun noël disadariakan berpengaruh terhadap ….

2. Globalisasi menyertainya mempunyai pengaruh positif dan ….

3. Evolusi teknologi komunikasi such televisi dan internet, sebagaisarana komunikasi antarbangsa, menjadikan insula lebih ….

4. Contoh dari teknologi transportasi adalah ....

5. Perubahan kehidupan masyarakat lebih mendunia tidak punya mengenal bataswilayah merupakan ciri dari adanya ….

III. Jawablah pertanyaan berikut ini mencapai benar. Kerjakan di ~ bukutugas kalian!

1. Hal-hal apa sajakah yang bisa mempercepat evolusi globalisasi?2. Sebutkan 2 contoh hal apa dipengaruhi melalui globalisasi?

3. Sebutkan manfaatnya dari adanya kemajuan alat transportasi?4. Berikan contoh dampak positif dari globalisasi!

5. Koknya sikap untuk kita terhadap pengaruh negatif dari globalisasi?

IV. Tugas. Kerjakan pada buku tugas kalian!

Diskusikan together teman sekelompokmu, tema berikut ini!


I. Pilihlah deviasi satu menjawab yang paling tepat mencapai memberi tandasilang (X) diatas huruf a, b, c, atau d. Kerjakan pada secara baik tugas kalian!

1. Pemerintahan sentral Republik Indonesia terdiri atas ….a. Menteri-menteri

b. Presiden dan pembantu-pembantunya

c. MPR dan DPR

d. DPR dan MA

2. Yang ~ no termasuk lembaga tinggi negara adalah ….

a. MPR c DPR

b. Menteri-menteri d. Presiden

3. DPR termasuk usai dalam lembaga legislatif untuk bertugas dan

berwenang karena ….

a. Mandat undang-undang c membuat undang-undang

b. Mengangkat presiden d. Memilih MPR

4. Profil rancangan undang-undang kepada DPR, yang berkaitandengan otonomi quenn adalah deviasi satu tugas dari ….

a. MPR c. DPD

b. Presiden d. Gubernur

5. Presiden dan wakil presiden dipilih di dalam satu pasangan batin pemiluuntuk masa jabatan selama ….

a. 10 lima c. Selama-lamanya

b 5 five d. 15 tahun

6. Yang berwenang untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menteriadalah ….

a. DPR c. Presiden

b. Mahkamah agung d. DPD

7. Lembaga negara apa berwenang buat mengusulkan pengangkatan

hakim agung adalah ….

a. Presiden c gubernur

b. Menteri kesehatan d. Komisi yudisial

8. Yang ndak termasuk lembaga yudikatif adalah ….

a. Mahkamah agung (MA) c. Mahkamah konstitusi (MK)

b. Didelegasikan yudisial (KY) d. BPK


9. Di batin pemerintahan presidensial, tanggung jawab pemerintahan adadi memanggang ….

a. Presiden c. DPR

b. MPR d. Mahkamah agung

10. Menteri-menteri bertanggung jawab kepada ….

a. MPR c mahkamah konstitusi

b. Presiden d. Rakyat

11. Contoh dari kemajuan alat transportasi adalah ….

a. Becak c. Televisi

b. Cerebral d. Radio

12. Jasa dari adanya teknologi di bidang komunikasi adalah ….a. Mempercepat bepergian jarak jauh

b. Agak mudah berkomunikasi tanpa mengenal batas wilayahc. Menjadikan bentuk-bentuk telepon were lebih lucu

d. Mempercepat karena pengiriman barang-barang13. Globalisasi menghapuskan batas ….

a. Utama c. Waktu

b. Energies d. Keuangan

14. Yang ~ no merupakan contoh dari globalisasi yaitu ….a. Bejana uang melalui transfer lewat bankb. Mengirimkan surat lewat email

c. Menonton acara televisi secara langsungd. Memakai pakaian sesuai dengan jaman

15. Hal yang sebaiknya dilakukan buat menghadapi arus globalisasi adalah ….a. Memasukkan semua biakan asing yang masuk

b. Diikuti semua yang ada di internet

c. Mengabadikan sesuatu yang bermanfaat dari informasi apa masukd. Menutup semua informasi yang masuk

16. Hal-hal apa bisa mempercepat berkembangnya globalisasi adalah ….a. Progress teknologi dan komunikasi

b. Perdamaian

c. Perbaikan ekonomi

d. Peperangan

17. Hal yang sebaiknya dilakukan untuk melestarikan kebudayaan tersebutadalah ….


c. Membiarkan chapter tersebut untuk merasa akun itu adalah urusan pemerintahd. Noël mengajarkan kepada generasi muda, karena dianggap kuno18. Di Indonesia antara satu kesukuan dengan suku country lainnya mempunyai

bahasa quận dan budaya apa berbeda. Seiring dengan berkembangnyaglobalisasi maka seharusnya ….

a. Dihilangkan saja kebudayaan tersebut

b. Bercampur dengan biakan asing supaya lampu berbeda

c. Tetap melestarikannya, buat itu merupakan ciri khas bangsaIndonesia

d. Membiarkan saja what adanya, tanpa harus melestarikannya

19. Untuk memperkenalkan budaya kita di dunia Internasional, sebaiknya ….a. Does misi-misi kebudayaan, dengan diadakan pertukaran

pelajar antarnegara sahabat

b. Mengadakan pertunjukan kesenian di quenn masing-masingc. Pertunjukan tarian di acara pernikahan

d. Melakukan diskusi di sekolah circa kesenian

20. Berikut ini merupakan contoh gaya hidup apa dipengaruhi malalui adanyaglobalisasi ….

a. Pakai baju kaya di pesta pernikahan

b. Pramuka pertunjukan calung di acara inaugurasi gedung baruc. Berbelanja di mal-mal untuk membeli version pakaian terbarud. Pramuka upacara adat menyambut kelahiran anak

II. Jawablah bertanya berikut ini dengan benar. Kerjakan di atas bukutugas kalian!

1. Sebutkan impact dari globalisasi!

2. Apakah globalisasi menyertainya hal yang negatif ataukah positif?3. Bagaimanakah sebaiknya dalam menyikapi globalisasi?4. Berikah 3 contoh dari teknologi komunikasi!

5. Bagaimanakah cara memperkenalkan budaya Indonesia usai dunia

Internasional?

6. Apakah apa dimaksud dengan lembaga eksekutif?7. Sebutkan hak-hak apa dimiliki melalui DPR!

8. Apakah berkomitmen dari mahkahmah agung?

9. Siapakah apa berwenang untuk mengangkat dan memberhentikan

presiden dan wakil presiden?


Pelat ihan khi

T

Pelat ihan khi

T

Pelat ihan khi

T

Pelat ihan khi

T

Pelat ihan khi

Tahun

ahun

ahun

ahun

ahun

I. Pilihlah penyimpangan satu menjawab yang most tepat dengan memberi tandasilang (X) diatas huruf a, b, c, ataukah d. Kerjakan pada booker tugas kalian!

1. Sebuah desa di pimpin melalui seorang ….

a. Lurah c. Camat

b. Utama desa d. Kursi RW

2. Desa merupakan gabungan dari mayoritas ….

a. Kelurahan c. Kecamatan

b. Kampung d. Rukun warga

3. Seorang major desa dipilih langsung melalui dan dari inhabitants desa,dengan masa jabatan selama ….

a. 6 lima c. 4 tahun

b 2 five d. 10 tahun

4. Batin melaksanakan berkomitmen dan kewajibannya, utama desa bertanggungjawab kepada person melalui ….

a. Rukun roti isi daging c. BPD

b. DPR d. DPRD

5. BPD merupakan singkatan dari ….

a. Badan Permusyawaratan rakyat c. Badan Perwakilan Desa

b. Badan Persenjataan person d. Badan Perserikatan Rakyat

6. Yang tidak termasuk nanti dalam instrumen desa, yaitu ….

a. Unsur personil c. Unsur pelaksana

b. Unsur kanton d. Unsur pembina

7. Utama kecamatan dipimpin melalui seorang ….

a. Lurah c. Camat

b. Bupati d. Kepala desa

8. Gabungan dari beberapa desa dan/atau kelurahan diatur di dalam suatu ….

a. Propinsi c. Kecamatan

b. Kotamadya d. Negara


a. Seksi ketenteraman dan ketertiban umumb. Seksi pemerintahan

c. Sekretaris kecamatan

d. Camat

10. Membina penyelenggaraan otoritasnya desa dan/atau kelurahan adalahsalah satu mewajibkan dari ….

a. DPRD c. Gubernur

b. Camat d. Bupati

11. Utama kotamadya dipimpin melalui seorang ….

a. Bupati c. Walikota

b. Lurah d. Gubernur

12. Penyelenggaraan pemerintahan untuk tingkat kabupaten/kota yaitu kepaladaerah dengan ….

a. DPR c. Diselenggrakan daerah

b. DPRD d. Gubernur

13. Sekretariat daerah kotamadya/kota berada under dan bertanggung jawab kepada ….

a. Presiden c. Camat

b. Bupati/walikota d. DPRD

14. Yang tidak termasuk ke dalam aparatur pemerintahan quenn kotamadyaadalah….

a. Kecamatan

b. Lembaga teknis menyiksa kabupaten/kotac. Dinas kabupaten/kota

d. Provinsi

15. Di bawah ini yang merupakah penyimpangan satu tanggung jawab hukum dari pemerintahkabupaten/kota adalah ….

a. Mempersiapkan dan mengurus individu urusan pemerintahannyab. Menyeleksi pimpinan daerah

c. Administrasi aparatur daerah


16. Seorang gubernurnya memimpin daerah pemerintah ….

a. Kecamatan c. Kotamadya

b. Provinsi d. Kabupaten

17. Pemerintah quenn provinsi terdiri dari ….a. Walikota dan instrumen daerahb bupati dan instrumen daerahc. Gubernur dan sekretaris daerahd. Gubernur dan perangkat daerah

18. Yang ndak merupakan perangkat menyiksa provinsi adalah ….

a. Dinas quenn c. Lembaga tekhnis

b. Kelurahan d. Sekretaris daerah

19. DPRD merupakan perwakilan dari ….

a. Tokoh social c. Partai politik

b. Mahasiswa d. Instrumen daerah

20. Gubernurnya dipilih secara langsung melalui ….

a. Sulungnya umum c. Keinginan dari DPRD

b. Penunjukan malalui presiden d. Penunjukan melalui para bupati/

walikota

21. Lembaga yang bertugas dan berwenang untuk membuat undang-undang yaitu ….

a. Legislatif c. Yudikatif

b. Moderator d. Kepolisian

22. Berikut ini apa merupakan anggota MPR, yaitu ….

a. DPR c. Presiden

b. Menteri d. Mahkamah Agung

23. Form undang-undang merupakan deviasi satu saya bersedia mengurus dari ….

a. MPR c. DPR

b. DPD d. Presiden

24. Utama negara sekaligus utama pemerintahan Indonesia adalah....

a. MPR c. Presiden


25. Masa jabatan anggota DPR adalah ….

a. 6 tahun c. 7 tahun

b. 5 five d. 8 tahun

26. Buat memeriksa pahatan dan tanggung jawab fiskal negaradibentuklah satu lembaga yaitu ….

a. Mahkamah agung c. DPR

b. BPK d. Presiden

27. Kekuatan eksekutif dilaksanakan malalui ….

a. MPR c. Presiden

b. Sekretaris kesehatan d. Gubernur

28. Berikut ini merupakan hak-hak apa dimiliki melalui DPR, kecuali ….a. Hak profil pertanyaan

b. Baik menyampaikan usul dan pendapatc. Hak memilih presiden

d. Ke kanan imunitas

29. Di batin sistem presidensial, tanggung jawab pemerintahan ada di tangan….

a. Kepolisian c. Mahkamah Agung

b. Presiden d. DPD

30. Kemudian kepala pemerintahan, presiden dibantu malalui ….

a. Cabang c. Menteri-menteri

b. DPRD d. MPR

31. Apa termasuk setelah dalam contoh progress teknologi komunikasi adalah ….

a. Berani c. Pesawat terbang terbang

b. Telepon seluler d. Kereta api

32. Jasa dari adanya teknologi adalah ….a. Menambah biaya pengeluaran

b. Mempermudah buat mendapatkan informasi dan berkomunikasitanpa batas wilayah

c. Mempersulit untuk melakukan perjalanan

d. Butuh waktu yang lama karena mengerjakan sesuatu

33. Berikut ini yang termasuk teknologi transportasi adalah ….

a. Telepon seluler c. Internet


34. Perubahan kehidupan sosial lebih mendunia tanpa mengenal bataswilayah merupakan acibe dari adanya ….

a. Globalisasi c. Teknologi komunikasi

b. Teknologi transportasi d. Peperangan

35. Globalisasi bisa ~ berpengaruh negatif terhadap kehidupan masyarakatIndonesia, di antaranya yaitu ….

a. Were lebih cepat mengetahui perkembangan tekhnologi di negara lain

b. Diikuti gaya hidup yang noel sesuai mencapai nilai-nilai budayabangsa Indonesia

c. Menambah insula di bidang ilmu pengetahuan alamd. Mengikuti perkembangan pendidikan di dunia

36. Sikap yang sebaiknya dilakukan di dalam menghadapi globalisasi adalah ….

a. Absorb semua

b. Tidak peduli

c. Memilih hal apa bermanfaat

d. Disusul arus

37. Budaya nasional seharusnya ….

a. Diawetkan c. Dibiarkan

b. Diingat d. Diubah

38. Indonesia pribadi keberagaman budaya dari berbagai daerah. Sikap yangsebaiknya dilakukan untuk melestarikan budaya tersebut adalah ....a. Referral kebudayaan tersebut pada generasi mudab. Membiarkan orang-orang perilaku dulu yang mengetahuinya

c. Membiarkan bab tersebut untuk merasa itu adalah urusan pemerintahd. Noël mengajarkan kepada generasi muda, untuk dianggap kuno

39. Berikut ini merupakan contoh gaya hidup apa dipengaruhi melalui adanyaglobalisasi ….

a. Pakai baju kebaya di pesta pernikahan


40. Di bawah ini merupakan dampak aktif dari television yaitu ….a. Insula teknologi apa cepat c. Melihat kekerasanb. Tontonan film yang kurang baik d. Lanskapnya kriminalitas

II. Isilah titik-titik ini mencapai benar. Kerjakan pada buku tugas kalian!

1. Dalam melaksanakan saya bersedia mengurus dan kewajiban, terutama desa bertanggungjawab kepada ….

2. Kecamatan dipimpin melalui seorang ….

3. Kanton kecamatan merupakan komposit dari banyak ….4. Seorang bupati sendi wilayah pemerintahan ….

5. Karena mempermudah berkomitmen pemerintahan quận baik di tingkat provinsimaupun kabupaten/kota, kepala quận dibantu oleh ….

6. Lembaga pemerintahan apa bertugas batin memelihara ketenteramandan ketertiban umum serta penegak peraturan menyiksa adalah ….

7. Lembaga country MPR terdiri dari ….

8. Masa jabatan Presiden republikan Indonesia adalah ....

9. Contoh teknologi komunikasi yaitu ....10. Globalisasi menghapuskan batas ….

Lihat lainnya: Anismerah : Free Download Suara Terapi Anis Merah Master For Android

III. Jawablah pertanyaan berikut menjangkau benar. Kerjakan diatas bukutugas kalian!

1. Apakah perbedaan dari desa dan kelurahan?

2. Apakah seorang camat dipilih oleh rakyat secara langsung? Jelaskan!3. Buatlah struktur memegang pemerintahan kecamatan!

4. Apakah selisih perangkat quận provinsi mencapai kabupaten/kota?5. Bagaimanakah seorang bupati/walikota dipilih?

6. Apakah pemerintah quận provinsi?

7. Kenapa Lembaga Dewan Perwakilan quenn (DPD) dibentuk?

8. Jelaskan aset pemerintahan presidensial di dalam sistem pemerintahIndonesia!

9. Maafkan saya yang sebaiknya dilakukan jika itupenggunaan menghadapi kemajuan teknologiyang begitu cepat?


Figur

*

Gambar 4.3

evolusi telekomunikasi start dari pos surat, telepon biasa, sampaitelepon seluler. P.5
*

Gambar 4.2.

Perkembangan tool transportasi semakin canggih, awal dari kuda, mobil,sampai cerebral yang tangan kedua manusia. P.5
*

Gambar 4.5

Hampir setiap orang memilikitelepon seluler. Kamu dan teman-teman disekolah membutuhkannya untukkomunikasi. P.6
*

Gambar 4.6

Makanan barat cepat saji saat ini bisadibeli di menjelaskan cepat saji di dekat rumahmu. P.8
*

Gambar 4.7

trips antarnegara yangdahulu ditempuh batin waktu berhari-hari.Dengan adanya cerebral kini bisaditempuh batin waktu banyak jam. P.10
*

Gambar 4.8

people dapat mencapai mudahmenggunakan internet untuk memperoleh p.13
*

Gambar 4.9

Kekayaan biakan Indonesia cerminan dari beraneka ragamnya pakaianadat dari berbagai suku bangsa di Nusantara. P.15
*

Gambar 4.10