Demam. Foto: Freepik
Jakarta: tyehus atau tipes adalah penyakit endemik apa banyak terjadi di bangsa berkembang, tersirat Indonesia. Penyakit ini mudah menular.

Anda sedang menonton: Penyebab penyakit tifus dan pencegahannya

Dilansir dari Halodoc, tipus atau fever tifoid adalah penyakit yang terjadi untuk infeksi bakteri Salmonella typhi yang menyebar melalui memberi makan dan minuman apa telah terontaminasi. Penyakit apa umumnya diderita melalui anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika noël ditangani invisor dan secepatnya.

Penyebab tifus

Penyebab terutama dari diseases ini adalah radang usus besar Salmonella Thypi. Jenis bakteri ini dapat menular melalui papan serta minuman yang terkontaminasi. Paparan kolitis pada memberi makan atau minuman mungkin terjadi saat seseorang kurang mengolah kebersihan tangan atau mengonsumsi makanan apa dibersihkan benefit air apa tercemar radang usus besar Salmonella Thypi.Baca:Membedakan gejala Tipes mencapai DBD

Faktor risiko tifus

Berikut adalah beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang terserang tifus.Sanitasi buruk.Tidak ringkas tangan dahulu makan atau kurang bersih dalam mencuci makanan.Mengonsumsi sayur-sayuran yang menggunakan pupuk dari feses manusia yang terinfeksi.Mengonsumsi produk susu atau olahannya yang telah terkontaminasi.Menggunakan toilet apa sudah terkontaminasi bakteri.Melakukan seks oral mencapai mereka yang membawa bakteri salmonella typhi.

Gejala Tifus

Gejala tifus umumnya start muncul di ~ 1-3 pekan nanti tubuh terinfeksi. Gejala tifus adalah demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, dan sakit perut. Terms ini dapat memburuk di dalam beberapa minggu.
*
Demam adalah penyimpangan satu gejala tifus. Foto: Freepik?

Pengobatan tifus

Cara yang most efektif dalam menangani tipus adalah memberikan metalurgi antibiotik. Selain itu, obat penurun demam juga bisa diberikan buat menurunkan suhu tubuh.

Lihat lainnya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya, Upn Veteran Jawa Timur

Komplikasi tifus

Penyakit tipus dapat disebabkan komplikasi jika noel diatasi mencapai baik. Kondisi tersebut dapat disebabkan pendarahan atau terbentuknya lubang di atas usus. Kemudian, ada radang otot jantung, radang selaput jantung, radang paru-paru, radang pankreas, infeksi ginjal, hingga melilit kandung kemih.

Pencegahan tifus

Pencegahan tipus dapat dilakukan menjangkau vaksinasi. Vaksin penyakit tipus diberikan kepada anak yang sudah berusia diatas dua five dan ulang tiap tiga tahun. Imunisasi tipus di Indonesia sendiri diberikan di dalam bentuk suntik pada balita dan dalam bentuk oral di atas anak yang berusia di ~ enam tahun.(SYN)