Saat melakukan penelitian, kamu haruss mengikuti kaidah dan aturan apa berlaku. Ada tiga tipe metode yang umumnya used saat penelitian. Maafkan saya saja perbedaan dari ketiga perilaku penelitian tersebut? Yuk, simak di sini!

Dalam melakukan penelitian, kamu perlu melakukan beberapa tahapan. Salah satu bagian dari rangkaian tahapan saat melakukan penelitian adalah perilaku penelitian. Di atas dasarnya, manner penelitian adalah cara ilmiah karena mendapatkan data mencapai cara dan sasaran tertentu. Artinya, aktivitasnya penelitian haruss dilakukan berdasarkan membakukan ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, sistematis, dan empiris.

Anda sedang menonton: Perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif

Rasional artinya penelitian tersebut masuk nalar sehingga dapat dijangkau oleh nalar manusia. Empiris artinya cara atau langkah yang dilakukan dapat diamati oleh india manusia. Sementara itu, sistem artinya penelitian benefit langkah-langkah yang bersifat masuk nalar atau logis.

Data penelitian apa dihasilkan harus sesuai dengan kriteria penelitian, yaitu valid, reliabel, dan objektif. Data dikatakan valid jika demo kesesuaian antara data dan objek penelitian. Untuk menguji kevalidan data, kamu perlu melakukan tahap uji reliabilitas dan objektivitas. Data yang real dan objektif tentu saja dapat membantumu menjawab pertanyaan penelitian.

Untuk mendapatkan dan menjelaskan data, ada pemfitnahan metode apa bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa perilaku penelitian yang telah esuba.net rangkum.

Perbedaan metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Gabungan


*
*

Metode Kualitatif

Menurut Creswell dalam buku Research style (2019) mengungkapkan bahwa perilaku kualitatif terdiri atas lima mesuba.netam, yaitu phenomenological research, base theory, ethnography, situation study, dan narrative research.

Phenomenological research adalah deviasi satu types penelitian kualitatif apa dilakukan menjangkau pengumpulan data disertai observasi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui fenomena esensial partisipan dalam hidupnya. Grounded theory adalah salah satu tipe penelitian kualitatif apa dilakukan melalui peneliti karena menarik generalisasi kyung hal-hal yang diamati secara induktif, mengajar abstrak circa proses, tindakan ataukah interaksi berdasarkan berpawai partisipan penelitian.

Ethnography adalah jenis penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap budaya dan kondisi alamiah tertentu melalui observasi dan wawancara. Case research studies adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui peneliti buat eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas terhadap satu setiap orang atau lebih. Sementara itu, narrative research adalah penelitian kualitatif apa dilakukan melalui peneliti untuk melakukan studi terhadap satu individu ataukah lebih karena mendapatkan data circa sejarah atau cerita naratif.

Metode Kuantitatif

Kuantitatif digunakan karena meneliti populasi ataukah sampel mencapai menggunakan tool ukur atau instrumen penelitian, analisa data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan menguji hipotesis apa telah dibuat. Umumnya, perilaku kuantitatif terdiri atas metode survei dan manner eksperimen.

Metode ini digunakan untuk mendapatkan data pada masa lampau, sekitar karakteristik basi subjek penelitian, menghubung variabel dan untuk menguji hipotesis sekitar variabel sosiologis dan psikologis dari sampel yang diambil dari populasi tertentu. Biasanya, teknik mengumpulkan data yang dilakukan adalah menjangkau wawancara atau kuesioner. Sementara itu, perilaku eksperimen adalah metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (perlakuan) terhadap variabel independen batin kondisi yang terkendali. Kondisi dalam penelitian ini dikendalikan agar noël ada variabel lain apa mempengaruhi variabel dependen. Penelitian eksperimen masser dilakukan di laboratorium.

Metode Gabungan

Metode ini menolong saat manner kuantitatif dan kualitatif tergabung dulu satu dan patuh disebut mencapai mixed methods. Penelitian gabungan merupakan tahapan pengumpulan data, analisis data, mencapai gabungan manner secara sekuensial, yaitu cara kuantitatif dan kualitatif atau sebaliknya. Dua metode ini digunakan untuk menyimpulkan pertanyaan penelitian.

Jika disimpulkan lebih lanjut, perilaku penelitian kuantitatif lebih berfokus diatas data nomor dengan instrumen atau alat ukur tertentu, sementara itu metode kualitatif bertujuan untuk menjabarkan data dianalisis secara naratif. Lain halnya dengan metode kuantitatif dan kualitatif, gabungan merupakan metode yang digunakan untuk mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Lihat lainnya: Gambar Hp Samsung Galaxy S2, Samsung Galaxy S2 Specs, Price, Reviews

Itulah metode-metode yang umumnya tangan kedua dalam penelitian ilmiah. Kamu ingin melaksanakan penelitian mencapai metode apa tepat di bidang Sains & Teknologi? Saatnya bergabung dulu keluarga besar Institut Teknologi Batam (esuba.net).