Beternak lebah sangat langka dilakukan di dalam kapasitas kecil-kecilan. Tapi, Nardi dan kedua sahabatnya bisa melakukannya dan dapatkan pendapatan yang “legit” setiap bulan. Meski, just memiliki 120 kotak sarang lebah

 

esuba.net.

Anda sedang menonton: Selain madu, lebah juga menghasilkan

catatan atau tawon, boleh dikata, merupakan deviasi satu binatang istimewa yang tercipta di muka bumi ini. Sebab, selain secara mengkhususkan dibahas di Alquran, tambahan memberi kawanan kebaikan kepada manusia. Seperti, tolong penyerbukan dan hasilkan madu (bee pollen, royal jelly, propolis). Tapi, bagi Nardi, beternak lebah bukan semata-mata faktor ekonominya, melainkan ada banyak hal apa bisa dipelajari dari hewan ini.

Ada beragam jenis bien madu apa bisa dibudidayakan. Di antaranya, bien Hutan (Apis Dorsata), bien Lokal (Apis Cerana), dan terutama catatan Unggul (Apis Mellifera) yang saat ini tengah populer di tengah-tengah masyarakat. Sebab, lebah Unggul memiliki malu produktif dalam menghasilkan madu dan lebih jinak ketimbang jenis-jenis catatan yang lain.

*

“Sebagian besar bien yang ada di peternakan saya yakni Apis Mellifera. Tawon apa berasal dari Eropa ini, memang kawanan diternakkan untuk mendapatkan madu,” kata Nardi, yang sudah menternakkan bien lebih dari 10 tahun.

Menurut karyawan Perhutani itu, beternak lebah sebenarnya mudah. Masalah yang biasa dihadapi, sebagai penyakit, noël terlalu berbahaya. Sementara karena hama apa menyerang, seperti kutu rambut dan hewan predator, just terjadi bila lebah-lebah akun itu terbang terlalu tinggi.

“Namun, cuaca merupakan membatasi yang noël dapat menghindari para peternak lebah. Kabut, angin, dan hujan apa terus-menerus ini adalah membuat bien tidak mungkin berproduksi secara maksimal,” ujarnya.

Di samping itu, faktor lingkungan/masyarakat. Umumnya, masyarakat veto jika di kyung rumah mereka terdapat peternakan lebah. “Karena, mereka menganggap catatan sebagai hama tanaman. Padahal, justru membantu penyerbukan di perkebunan,” lanjutnya.

Beternak bien itu mudah!

Meski begitu, aspek usaha beternak bien lumayan bagus. Sebab, times panen yang diperlukan satu koloni bien dalam kotak hanya 15 hari. Artinya, di dalam satu bulan, madu sanggup dipanen dua kali. Setiap panen, akan menghasilkan 3 kg madu, 3 kg royal jelly, dan 100 gr bee pollen.

Madu, menurut Nardi, merupakan produk paling senjata yang dihasilkan oleh lebah. Sedangkan produk lebah yang lebih mahal yaitu bee pollen, royal jelly, dan propolis bagaimana harganya mungkin mencapai jutaan rupiah.

“Harga madu di angkasa saya sangat variatif. Yang paling mahal yaitu madu pahit. Madu apa banyak digunakan karena obat ini, saya menjual Rp100 ribu/botol. Sedangkan karena Madu Bunga Mangga, Madu Bunga Rambutan, dan Madu Bunga Kelengkeng, saya jual Rp65 ribu–Rp85 ribu. Selain madu, ruang angkasa saya tambahan menjual bee pollen, royal jelly, dan propolis,” ujar Nardi, apa bersama kedua sahabatnya, Yanto dan Pak Min, administrasi 120 kotak sarang lebah.

*

Syarat mutlak di dalam beternak lebah, menurut Nardi, yaitu kawanan belajar dan noel sungkan meminta pada orang-orang apa sudah terlebih dulu menekuninya. Terutama, mengenai kehidupan koloni lebah.

Suhu ideal apa cocok untuk bien sekitar 26°C. Karena, pada suhu ini, catatan akan beraktivitas normal. Lokasi apa disukai bien berupa tempat terbuka, kurang sopan dari keramaian, dan crowd terdapat bunga. Sebab, bunga merupakan pakan terutama lebah.

Sementara karena tempat ataukah sarangnya, dibuat dari hutan berkualitas dan dibentuk persegi singa dengan mass 20 cm² x 20 cm² x 40 cm2. Satu kotak sarang lebah, idealnya diisi enam frame (tempat bien menyimpan madu, red.). Nah, jika dicari lebah-lebah ini menghasilkan keuntungan optimal, seorang peternak lebah minimal memiliki 100 kotak sarang lebah.

*

“Lebah adalah penyimpangan satu binatang yang cerdas. Buktinya, rumah bien sudah tersistematis sedemikian rupa. Samping kanan, kiri, dan pusat dari rumah bien yang ada di frame itu menghasilkan lebah-lebah yang berbeda. Jika lateral kanan dan kiri konvensional dihuni bien pejantan, maka di markas besar itu bien calon pekerja. Nah, jika berwewenang memperbanyak jumlah lebah, kita mungkin mengambil telur-telur catatan yang ada di tengah,” ucapnya.

Lihat lainnya: Pencari Toko Hp Murah Di Solo, Wisata Pasar Solo: Berburu Sepatu Mewah Murah

Sedangkan buat lebahnya, gunakan lebah Unggul apa nantinya membuat madu kualitas super. Buat itu, Nardi memberikan töre dalam pilihan bibit lebah Unggul yaitu pemeliharaan Lebahnya harus luaran fisik bagus dan berusia 3 bulan–1 tahun. Sebab, telurnya kawanan dan kualitasnya bagus, larvanya segar, serta gawangnya panen lebih banyak.

Catatan

Dalam beternak lebah:

Sangat disarankan untuk melakukan migran atau pemindahan kotak setelah tempat lain, yang di kedekatan masih terdapat kerumunan bunga.Selalu tempatkan kotak di tempat yang aman dari predator